Tiga orang remaja putri menunjukan bahwa bahasa Sunda merupakan bahasa yang paling simpel. Mereka rupanya menyindir Anggota DPR, Arteria Dahlan yang sempat membuat heboh karena meminta Kajati Jabar dicopot lantaran berbahasa Sunda.

Tangkap layar video bahasa sunda

Dalam video yang tersebar di media sosial, tiga remaja itu menjelaskan bahwa bahasa Sunda merupakan bahasa paling simple dengan membandingkannya bersama bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

"Bahasa Sunda itu paling simple loh," jelas salah satu remaja tersebut.

Mereka lalu menyebutkan istilah yang sama dengan tiga bahasa.

"Please go (bahasa Inggris) - Silakan pergi (bahasa indonesia) - jung (bahasa sunda)," disertai efek tawa.

Lalu mereka pun melanjutkan dengan lebih banyak istilah.

"Run very fast - Lari secepat kilat - Sakolebat,"

"Dont go anyway - Jangan pergi ke mana mana - Cicing!"

"Please - silakan - heg,"

"Fall on the wet floor - jatuh karena lantai licin - tikosewad"

Video tersebut mengundang tawa netizen, dan sedikit mencairkan suasana terkait kehebohan Kajati Jabar berbahasa sunda yang dipersoalkan Arteria.

Diketahui, Arteria Dahlan membuat gaduh masyarakat dengan pernyataannya yang meminta Jaksa Agung mencopot seorang Kajati hanya gara-gara menggunakan bahasa Sunda dalam rapat.

Arteria sedianya sudah meminta maaf, namun aksinya itu kepalang membuat warga Sunda marah dan melaporkannya ke polisi. Arteria dilaporkan dengan Pasal Perbuatan Tidak Menyenangkan, dan dianggap melanggar pemeliharaan bahasa daerah yang dilindungi undang-undang.(oke)