×

Iklan

Indeks Berita

Siswa LDKS dan Pramuka Ramu - Rakit SMP Islam Attarbiyyah Resmi di Kukuhkan

31 Jan 2022 | Senin, Januari 31, 2022 WIB Last Updated 2022-01-31T08:29:38Z
Pelantikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dan Pramuka Ramu - Rakit SMP Islam Attarbiyyah Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari, resmi di kukuhkan Sabtu - Minggu (30/1/2022). Selain bertujuan mencetak kedisiplinan dan kemandirian para siswa dari sisi leadership, mereka juga di asah kompetensi pada organisasi kepanduan Pramuka. 

Kegiatan Pelantikan LDKS dan Pramuka Ramu Rakit SMP Islam Attarbiyyah Ciwulan, Telagasari

Pembina Pramuka SMP Islam Attarbiyyah, Subki Akbar mengatakan, LDKS kembali di gelar bersamaan dengan pelantikan Pramuka tingkat Ramu dan Rakit. Ini sebutnya, merupakan agenda tahunan dalam rangka peningkatan kapasitas siswa di bidang non akademik. Sebab, setelah lama jarang berkegiatan Pramuka, mereka kembali di asah kompetensinya di organisasi kepanduan ini, baik ada maupun tanpa adanya penyelenggaraan jambore tingkatan ranting sekalipun. 

"Dalam kurikulum 2013, berorganisasi Pramuka jadi keharusan, karena memang mampu mencetak kedisiplinan, kemandirian dan eksplorasi kemampuan berorganisasi siswa, " Katanya. 

Kegiatan Pelantikan LDKS dan Pramuka Ramu Rakit SMP Islam Attarbiyyah Ciwulan, Telagasari

Dibantu Pembina OSIS M Fikri Masuri, LDKS dan pelantikannya diharapkan bisa ditindaklanjuti lewat program-program penguatan kinerja di organsiasi OSIS. Sebab, di LDKS mereka di berikan pembinaan dan materi soal leadership, keorganisasian hingga format pembuatan proposal, sementara di Pramuka Ramu Rakit, para siswa ini dilatih materi-materi Pramuka seperti pengendalian sandi-sandi dalam Pramuka, Semaphore maupun Peraturan Baris Berbaris. 

"Walaupun sekolah swasta berbasis pesantren, urusan non akademik kita selalu pastikan para siswa tetap berdaya saing kompetensinya diberbagai bidang, seperti organisasi OSIS maupun Pramuka, " Ungkapnya.

Kepala SMP Islam Attarbiyyah, H Miftah Baedarus mengapresiasi penyelenggaraan pelantikan LDKS dan Pramuka Ramu-Rakit di lingkungan kampus sekolah ini. Sebab, dengan berkegiatan antara teori dan aplikasi langsung ini, diharapkan serapan pemahaman berorganisasi siswa dan kepramukaan bisa lebih cepat di tangkap. Sehingga, sebutnya berdampak pada sisi emosional dan sikap para siswa, bagaimana memecahkan masalah, musyawarah, maupun memimpin sebuah kelompok, komunitas dan organisasi sejak di usia SMP. Begitupun dengan Pramuka, penguatan kompetensi organisasi kepanduan ini, di siapkan baik untuk melatih kreatifitas, juga persiapan matang jika sesekali ada penyelenggaraan jambore ranting, perlombaan cabang-cabang Pramuka dan lainnya. 

"Pihak sekolah mensupport kegiatan ini dengan maksimal, semoga siswa kami terus meningkat kompetensinya, baik akademik maupun non akademiknya, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS