Wilayah Kabupaten Bekasi pada Jumat (14/1/2022) pukul 23:33 WIB diguncang gempabumi tektonik. Informasi dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi ini berkuatan berkekuatan M=2,3.

Pusat gempa terletak pada koordinat 6.38 LS dan 107.14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km BaratDaya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada kedalaman 8 kilometer.

"Info Gempa Mag:2.3, 14-Jan-22 23:33:54 WIB, Lok:6.38 LS - 107.14 BT (3 km BaratDaya KAB-BEKASI-JABAR), Kedlmn: 8 Km, dirasakan di Cikarang dan Bekasi II MMI," tulis BMKG.

Informasi dari laman BMKG menunjukkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Gempa bumi ini menurut laporan dari BMKG dan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Cikarang dan Bekasi dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga pagi ini, pukul 7:33 WIB dari monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Pihak BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.(suara.com)