×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dewan Evenk Siap Kawal Usulan Program Masyarakat Lemahabang

17 Feb 2022 | Kamis, Februari 17, 2022 WIB Last Updated 2022-02-17T14:57:05Z

Anggota DPRD Komisi III Karawang H Mahpudin, mengaku siap mengawal usulan-usulan para kades dan masyarakat desa yang dituangkan di aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPD) lewat jalur Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Hal itu di ungkapkan Dewan Evenk, di sela-sela kegiatan Musrenbang Kecamatan Lemahabang yang di hadiri para Kades, Sekretaris Desa, BPD dan unsur Muspika Kecamatan, Jumat (17/2).

Mahpudin - Anggota DPRD Karawang

Dirinya prihatin, karena singkronisasi usulan Musrenbang dengan realisasinya banyak ditemukan tidak optimal, sehingga perlu evaluasi dan penyesuaian antara kebutuhan prioritas dengan program di setiap OPD. Ini penting, sebab jangan sampai pemerintah pusat berharap ekonomi tumbuh, tapi disisi lain banyak anggaran yang mubadzir karena tidak menyasar pada program yang di butuhkan dan di prioritaskan masyarakat desa. 


"Atas dasar itu, saya harap hal-hal yang tidak singkron harus di cukupkan di tahun ini, kedepan mari kita kawal bersama dan sampai kita pastikan apa yang menjadi program prioritas di Lemahabang ini benar-benar realisasi sesuai dengan yang di usulkan di Musrenbang, meskipun di luar anggaran aspirasi DPRD sekalipun, " Ujarnya.


Dirinya juga berharap, para kades dan masyarakat bukan saja mengajukan fisik, tetapi juga ekonomi kerakyatan yang menjadi tematik musrenbang tahun ini. Sebab, banyak bantuan turun dan slot anggaran yang besar menyasar juga ke Dinas Koperasi dan UMKM, apalagi pemulihan ekonomi paska pandemi ini begitu sangat diprioritaskan. 


"Ada anggaran Rp2 Milyar untuk bantuan usaha perdagangan dalam bentuk non modal, tapi berupa sarana penunjang usaha-usaha rakyat. Silahkan ajukan dan penuhi formatnya ke Dinas Koperasi dan UKM, ini juga harus tersampaikan dan masyarakat wajib tahu, sehingga usulan itu bukan saja di sarana fisik, tapi juga pemulihan ekonomi bagi masyarakat, " Ujarnya.


Ia berharap, para kades dan masyarakat memiliki semangat dan jiwa "monitor" atau pengawasan, sehingga bisa sama-sama mengawal program dan usulan yang diharapkan sampai terealisasi, " Pungkasnya. (Rd)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS