Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara menanggapi konser Tri Suaka Cs di Taman Anggur Kukulu, Kabupaten Subang, Minggu (30/1/2022) lalu. Konser tersebut sempat membuat heboh masyarakat dan viral di media sosial.

Ridwan Kamil

Konser itu terekam kamera video dengan dihadiri ribuan penonton serta mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku telah mengintruksikan Bupati Subang, H Ruhimat untuk menindak tegas panitia penyelenggara konser tersebut.

"Ya, sesuai dengan arahan, penindakan di level teknis ada di bupati dan wali kota dan saya sudah koordinasi memerintahkan Bupati Subang untuk melakukan tindakan tegas, saya kira itu sudah dilakukan," kata Kang Emil di Bandung, Rabu (2/2/2022).

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, pihaknya tidak melarang konser musik sepanjang mematuhi prokes. Sedangkan dalam konser Tri Suaka Cs tersebut, penonton mengabaikan prokes.

Selain tidak menjaga jarak, banyak penonton tidak mengenakan masker. Oleh karenanya, tegas Kang Emil, pemerintah setempat harus memberi tindakan tegas.

"Sekarang apapun sebenarnya boleh asal menggunakan prokes yang terukur, tapi kalau dempetan tanpa masker dan sebagainya tentu ditindak karena melanggar prosedur," ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menyatakan, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan terhadap panitia penyelenggara kegiatan tersebut.

Selain panitia, kata Ibrahim, tak menutup kemungkinan bahwa pihaknya juga bakal memeriksa seluruh artis pendukung yang hadir dalam kegiatan itu.

Ibrahim menegaskan, kegiatan tersebut memiliki dampak hukum, khususnya terhadap panitia yang menginisiasi konser hingga menimbulkan kerumunan itu.

"Ini kan ada Undang-Undang Kesehatan dan Karantina. Otomatis nanti kita akan melakukan pemeriksaan terhadap panitia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," terang Ibrahim di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (2/2/2022).(INews)