Saat reses dua pekan kemarin (23/2/2022) di Desa Cikuntul Kecamatan Tempuran, Anggota Komisi II DPRD Karawang Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di tantang menengok usaha-usaha masyarakat pesisir, baik petani maupun para petambak di sepanjang pantai Kalen Kalong Desa Sumberjaya, Cikuntul dan Ciparagejaya. Memenuhi janjinya, DPRD yang juga lahir di pesisir muara Karawang Utara tersebut, menyempatkan waktu mendatangi lokasi pertanian, tambak dan menyimak langsung keluhan masyarakat sekitar. Bahkan, sejumlah petambak ikan bandeng dan udang, menyambut langsung sentuhan DPRD yang baru pertama kali sudi turun langsung melihat usaha mereka.


Tengok Petambak dan Petani di Cikuntul - Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Dewan Rizka di Bisiki Pendangkalan

Kepada pelitakarawang.com, Jumat (4/3/2022), Anggota DPRD Rizka Restu Amalia mengaku, saat reses dirinya ditantang para petani di Cikuntul, Kalenkalong dan Ciparagejaya untuk menengok langsung kondisi sawah di daerah hilir, sebab ancaman abrasi laut acapkali membuat cemas para petani. Karena, air laut yang masuk areal pesawahan hingga daratan, membuat tanaman padi di usia vegetatif maupun generatif, mati jika genangan air asin berlarut dan berulang kali. Sementara, para petani pesisir, tidak banyak keikutsertaannya dalam asuransi pertanian, sehingga tidak mampu mengantisipasi solusi saat gagal tanam maupun gagal panen. 

"Saya ofroad langsung dengan para petani ke Kalen Kalong dan Cikuntul, hasil dari reses 23 Februari lalu di H Tasim. Alhamdulillah, kita serap harapan mereka dan tahu detail permasalahan di lapangan, " Katanya.

Rizka menambahkan selain pertanian, kaum muda di Desa Cikuntul dan Ciparagejaya, semakin banyak geliat usaha pertambakan. Ini harus di support dan didorong Dinas terkait, baik pelatihan, sarana pra sarana dan infrastruktur penunjangnya. Sebab, ia banyak menerima keluhan, petambak ini jarang tersentuh perhatian, apalagi lahan garapan mereka mayoritas memang bukan hak milik, tetapi semangat usaha budidaya ikan seperti bandeng dan udang, sangat potensial. 
Tengok Petambak dan Petani di Cikuntul - Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Dewan Rizka di Bisiki Pendangkalan

"Sayangnya, petambak yang mengandalkan air tawar dari hulu ini juga tengah di rundung maraknya pendangkalan di saluran air sungai baik tersier maupun sekunder, sehingga mereka berharap normalisasi sungai yang mengairi Empang dan tambak mereka. Insha Allah, jika memungkinkan kita dorong di aspirasi, jika tidak maka kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk dianggarkan reguler normalisasi yang sangat dibutuhkan para usaha tambak ini, " Pungkasnya. (Rd)