×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ujian SMA Mulai Senin Lusa, Kasie Kesetaraan : Paket C Belum Terima Jadwal

10 Mar 2022 | Kamis, Maret 10, 2022 WIB Last Updated 2022-03-10T09:09:29Z
Ujian Sekolah (US) bagi kelas XII SMA Negeri serentak di gelar mulai Senin 14 - 21 Maret 2022. Namun demikian, pendidikan kesetaraan/paket C, belum menerima jadwal Ujian Sekolah (US) yang biasanya digelar bersamaan dengan pendidikan formal tersebut.


"Kalau SMA mulainya 14 Maret ini. Kalau melihat di kalender akademik atau Titi mangsa sih, sepertinya memang di majukan, sebab jadwal ini didapat dari KCD Wilayah IV. Kalau untuk paket C mungkin berbeda lagi jadwalnya, " Kata Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran, Syahrudin, Kamis (10/3).
H Kosim Taryana S.pd Kasie Kesetaraan dan Kursus Dikmas Disdikpora Karawang

Pengelola PKBM Nurul Huda Kecamatan Tempuran, Dasir S.pd mengatakan, untuk jadwal US di tingkat pendidikan kesetaraan memang biasanya berbarengan dengan pendidikan formal seperti SMA, atau selisih semingguan. Namun demikian, pihaknya belum menerima informasi lanjutan kapan jadwal pelaksanaan US ditingkat pendidikan kesetaraan Paket C ditengah lebih dulunya SMA Negeri menyelenggarakan. Saat ini, sebutnya, pendidikan non formal Paket C tengah di sibukkan dengan Ujian Kompetensi (Ujikom) dari realisasi anggaran Karawang Cerdas, sehingga untuk jadwal di satuan pendidikan belum hafal.

"Untuk Paket C belum ada jadwal dan informasi lanjutan, biasanya bareng atau selisih seminggu, tapi sampai saat ini kita belum terima informasi kapan pelaksanaan US bagi paket C, " Katanya.

Kasie Kesetaraan Dikmas Disdikpora Karawang, H Kosim Taryana mengaku, baru tahu kalau SMA Negeri dijadwalkan US mulai pekan depan. Itu apakah memang di majukan karena April sudah masuk Ramadan, atau memang sudah titi mangsanya. Sebab, biasanya pelaksanan US, waktunya bersamaan dengan jadwal di paket C. Sayangnya, sampai sejauh ini, pihaknya belum menerima informasi lanjutan pelaksanan US di tingkat pendidikan kesetaraan. Hanya saja, Disdik memetakan jumlah peserta US tahun ini sebanyak 5.000 warga belajar dari 50 PKBM di Karawang, itu sebutnya, di verifikasi lagi. Sebab, yang ikut ujian sekolah adalah warga belajar tingkat akhir, raport 5 semester hingga asesmen programnya.

"Belum, untuk paket C belum ada jadwal. Biasanya nanti juga ada suratnya. Mungkin sekarang ini jadwal pelaksanaan US beda antara SMA dengan Paket C, " Ujarnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS