Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa selama sebulan penuh. Mengontrol rasa lapar dan haus adalah salah satu tantangan puasa di bulan Ramadhan.

Foto ilustrasi

Meskipun demikian, bekerja selama bulan puasa, cukup sulit untuk mengontrol rasa lapar dan berkurangnya waktu istirahat. Akibatnya, aktivitas terhambat dan produktivitas kerja terganggu.

Berikut beberapa cara agar menjaga fokus dan tetap produktif selama bulan Ramadhan.dinukil dari Productive Muslim:

Apa yang Anda makan saat sahur dan berbuka akan memengaruhi tingkat energi sepanjang bulan suci Ramadan. Tubuh perlu asupan karbohidrat, protein, buah-buahan, dan sayuran, dalam jumlah yang seimbang. Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidat, terutama saat sahur.

Ketika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga Anda akan cepat merasa lelah. Usahakan mengonsumsi makanan dengan porsi seimbang dan jika dibutuhkan, minum multivitamin sebelum sahur.

2. Manfaatkan waktu istirahat

Di hari biasa, waktu istirahat biasa digunakan untuk makan. Namun, di bulan puasa, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak. Anda juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca Alquran di waktu istirahat guna menjaga fokus saat bekerja.

3.Bersikap positif

Sikap dan pikiran positif sangat penting selama bulan suci Ramadan. Jika Anda berpikir pekerjaaan akan terasa berat saat berpuasa, maka bisa saja tugas berat menanti di tempat kerja. Membaca ayat suci Alquran sebelum mulai bekerja dapat membantu Anda agar tetap berpikir positif selama bekerja. Atau ucapkan ‘Bismillah’ sebelum memulai kerja agar Allah SWT meridhoi pekerjaan sepanjang hari.

4 . Ambil jeda 5-10 menit

Usahakan untuk mengambil jeda selama 5-10 menit untuk relaksasi atau bisa juga membaca Alquran. Hal ini juga bisa Anda lakukan ketika menunaikan ibadah salat lima waktu, terutama saat salat dzuhur dan ashar.

5. Rencanakan pekerjaan dengan baik

Biasanya perusahaan akan memberikan dispensasi atau kelonggaran waktu kerja di bulan puasa. Usahakan untuk tidak menunda atau menumpuk pekerjaan sehingga fokus Anda akan terbelah untuk menyelesaikan dua atau lebih pekerjaan. Selesaikan satu per satu sehingga Anda bisa sedikit punya waktu rileks.(***)