×

Iklan

Indeks Berita

Bilamana Terjadi Kemacetan Jalan dan Lalu Lintas Ketika Mudik Lebaran 2022, Lakukan Ini !

25 Apr 2022 | Senin, April 25, 2022 WIB Last Updated 2022-04-24T21:57:59Z

Sudah menjadi hal umum, masyarakat Indonesia melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga, setelah menjalani bulan Ramadhan.

Saat mudik Lebaran, lalu lintas kendaraan biasanya bakal meningkat di beberapa ruas jalan. Masyarakat yang berbondong-bondong pulang kampung menggunakan moda transportasi darat, menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan itu sangat mungkin terjadi.

Perjalanan mudik lebaran mungkin jadi terasa melelahkan dan membosankan bila harus terjadi kemacetan di jalan. Untuk menghindari persoalan ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di ponsel untuk melihat kemacetan saat melangsungkan mudik Lebaran 2022.

Sebagian dari kalian mungkin sudah tak asing lagi dengan beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kemacetan lalu lintas, seperti Google Maps dan Waze.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi terkait aplikasi yang akan membuat mudikmu nyaman.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Pantau Macet

1. Info BMKG

BMKG mengembangkan aplikasi yang memiliki fitur prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, cuaca jalur mudik, peringatan dini cuaca hingga siaran pers BMKG. Khusus fitur cuaca jalur mudik, BMKG menyediakan informasi terkait prakiraan cuaca yang terjadi di daerah-daerah yang dilewati pemudik disertai dengan trafik lalu lintas.

2. JasamargaLive

Menyediakan fitur streaming CCTV, informasi lalu lintas, dan peta kemacetan. Pada fitur streaming CCTV, pemudik dapat melihat kondisi jalan secara langsung sehingga memudahkan untuk menentukan jalan yang ingin dilewati. Pemudik dapat memilih sejumlah ruas jalan tol seperti tol Belmera, Cipularang, Dalam Kota Jakarta, dan Jagorawi.

3. RTTMC

Singkatan dari Road Transport and Traffic Management Center atau Pusat Manajemen Lalu Lintas dan Transportasi Darat milik Kementerian Perhubungan. Berisi informasi seputar lalu lintas, khususnya jalan nasional dilengkapi fitur streaming CCTV (live streaming) dari berbagai wilayah, informasi berita lalu-lintas, nomor penting.
Aplikasi

4. NTMC Mudik

Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah informasi yang dapat diakses seperti rute jalan, peta mudik, informasi publik, Jasa Marga hingga Jasa Raharja. Fitur informasi publik itu berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.

5. Google Maps

Aplikasi ini memberikan informasi secara real time kepada pengemudi. Selain mendapatkan informasi kemacetan jalan dan rute perjalanan, fitur di Google Maps juga memberikan pilihan kepada penggguna untuk memilih jalan sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Misalnya, kendaraan pribadi motor atau mobil serta kendaraan umum.

6. Waze

Kamu bisa melihat rute jalan dan opsi jalur potong sampai informasi terkait titik kemacetan. Kamu juga bisa berkontribusi memberikan informasi yang kamu temui selama perjalanan. Pemudik bakal dimanjakan dengan fitur Open Music yang berisi kumpulan lagu dan podcast saat mengalami kemacetan.

Aplikasi-aplikasi di atas cocok sekali untuk kamu yang akan mudik bulan depan. Dengan memanfaatkan aplikasi di atas mudikmu jadi makin nyaman. Semoga menghibur.

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS