Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hujan saat masa Lebaran 2022.

Foto ilustrasi

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan dalam pemaparannya, area berwarna merah diprediksi akan turun hujan.

Cuaca sebelum Lebaran pada 25 April-1 Mei 2022 diprakirakan hujan merata di sejumlah wilayah, baik di wilayah Sumatera, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

"Tanggal 2-4 Mei, merah mulai bergeser ke arah barat, di Sumatera bagian Selatan, Jawa bagian tengah, kemudian di beberapa wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Indonesia timur relatif lebih aman, kecuali di Papua bagian tengah," kata Dwikorita dalam rapat dengar pendapat di DPR dilansir Antara, Rabu, 6 April.

Foto ilustrasi

Selanjutnya, pada periode setelah Lebaran, yakni 4-10 Mei 2022 wilayah yang potensi hujan lebat ini semakin menyempit ke wilayah Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan hingga Lampung.

Kemudian kondisi gelombang untuk bulan April hingga Mei, jika tidak terjadi badai tropis, wilayah perairan Indonesia relatif memiliki gelombang tidak terlalu tinggi, maksimum satu meter.

"Kalau yang membahayakan adalah di Samudra Hindia, di situ mulai kuning oranye, bahkan merah. Jadi wilayah-wilayah tersebut yang perlu diwaspadai," kata dia.

Dwikorita meminta warga untuk tetap terus monitor melalui aplikasi ponsel infoBMKG, kanal YouTube dan berbagai sosial media untuk mendapatkan informasi terkini mengenai prakiraan cuaca.(voi)