Atlet tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito berhasil menyingkirkan wakil Cina Taipei, Lin Chun-Yi, pada babak pertama Badminton Asia Championships 2022. Untuk memastikan tiket ke 16 besar, ia harus melakoni drama rubber game yang berakhir dengan skor 14-21, 22-20, dan 21-19.

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Rabu, 27 April 2022, Shesar sempat keteteran pada awal laga. Ia gagal keluar dari tekanan atlet peringkat 91 dunia itu dan menyerah 14-21 di game pertama.

Pada game kedua, Shesar berhasil berbalik mendominasi permainan. Meski tak berselisih poin lebar, tunggal putra nomor 24 dunia itu berada dalam posisi memimpin. Setelah merebut keunggulan 11-10 pada interval gim, Shesar berhasil memaksa Lin Chun-Yi untuk memainkan rubber game setelah menang 22-20.

Pada gim penentuan, Shesar semakin mendominasi dengan merebut keunggulan cukup jauh 12-4. Sembilan poin beruntun Lin sempat membuatnya berbalik unggul 15-14, tetapi Shesar berhasil memutus raihan angka wakil Cina Taipei tersebut. Setelah skor sempat berimbang 15-15 dan 19-19, dua poin beruntun membuat Shesar berhasil keluar sebagai pemenang.

Di babak 16 besar, Shesar menanti pemenang pertandingan antara wakil Cina, Sun Fei Xiang dan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, yang juga menjadi unggulan ketiga turnamen.

Di nomor ganda putri, langkah Meilysa Trias Puspita Sari / Rachel Allessya Rose, di Badminton Asia Championships 2022 terhenti lebih cepat. Meski begitu, pasangan junior PBSI itu berhasil memaksa unggulan keempat asal Jepang, Yuki Fukushima / Sayaka Hirota, melakoni pertandingan tiga gim yang berakhir dengan skor 25-23, 10-21 dan 10-21.

Meilysa / Rachel meladeni permainan tempo cepat Yuki / Sayaka. Setelah perolehan poin pun ketat, pasangan Indonesia itu mampu mencuri keunggulan pada interval gim pertama dengan 11-9.

Pasangan Indonesia peringkat 367 dunia itu sempat tertekan setelah jeda. Setelah tertinggal 13-15, Meilysa mempercepat tempo permainan dan berbalik unggul 16-15. Perolehan poin kembali ketat.

Pasangan Indonesia memiliki peluang untuk mengakhiri gim pertama lebih cepat. Namun, Yuki / Sayaka mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Butuh tiga kali seting untuk Meilysa / Rachel mencuri kemenangan gim pertama dengan skor 25-23 atas mantan ganda nomor satu dunia tersebut.

Meilysa / Rachel sempat tampil meyakinkan pada awal gim kedua dengan memimpin 6-1. Namun, sejumlah kesalahan sendiri memberi peluang Sayaka / Yuki untuk menyusul dan merebut keunggulan 11-9 pada interval gim. Momentum positif itu mampu pasangan Jepang untuk terus melaju dan merebut kemenangan 21-10.

Pada gim penentuan, Meilsya dan Rachel gagal keluar dari tekanan. Sempat mengimbangi permainan Yuki / Sayaka pada awal rubber game, stamina yang menurun dan sjumlah kesalahan antisipasi shuttlecock membuat Meilsya / Rachel harus bertekuk lutut. Yuki / Sayaka menang 21-10 dan lolos ke 16 besar Badminton Asia Championships 2022.(tmp)