×

Iklan

Indeks Berita

Jebol dan Ancam Pengairan, Ss Pondok Barat di Benahi Manual Aparat Desa

11 Apr 2022 | Senin, April 11, 2022 WIB Last Updated 2022-04-11T09:52:08Z

Foto : Ancam pengairan sawah kering, Aparat Desa Pulosari dan Ciwulan Benahi Tanggul Pondok Barat Secara Manual

Saluran irigasi Ss Pondok Barat di Desa Lemahabang menjadi sumber pengairan penting bagi ratusan hektar sawah di Desa Pulosari dan Ciwulan Kecamatan Telagasari, hingga sebagian Lemahmukti Kecamatan Lemahabang. Akibat jebol dan kurangnya debut air yang di alirkan ke irigasi tersebut, membuat ancaman serius bagi sistem pengairan di ketiga desa tersebut, bahkan tanda-tanda ancaman kekurangan air, mulai di rasakan petani.
Enggan membiarkan jebolnya tanggul Ss Pondok Barat sebagai biang kekeringan, Aparat Desa Pulosari dan Ciwulan, bergotong royong dibantu Waker dan Ulu-Ulu membuat tanggul manual membendung air lari ke saluran tak semestinya. 

Foto : Ancam pengairan sawah kering, Aparat Desa Pulosari dan Ciwulan Benahi Tanggul Pondok Barat Secara Manual

"Iya jebol sudah hampir dua mingguan terakhir mah. Kita inisiatif saja membendung dengan karung-karung tanah seadanya, sebab kalau nunggu perbaikan permanen mah kapan diperbaikinya? Sudah mah air yang di alirkan ke Pondok Barat kecil volumenya, eh di perparah tanggul jebol, ini mengancam pengairan sawah di Pulosari, Ciwulan dan Lemahabang, " Kata Kades Pulosari, Kana Sanusi, Senin (11/4/2022).

Lebih jauh ia mengatakan, bersama aparat dua desa dan dibantu waker dan ulu-ulu, pihaknya cangkul tanah sekitar lokasi untuk memadatkan karung-karung demi membuat tanggul manual. Disisi lain, tanggul ini sudah di ajukan perbaikannya ke Dinas PUPR dan sudah di survey, mudah-mudahan, sebut Kana dalam waktu dekat ada Surat Perjanjian Kontrak (SPK) revitalisasi turap permanen dan kokoh atas sering jebolnya tanggul Ss Pondok Barat ini, sebab jika terus dibenahi manual, kejadian jebol semacam ini akan terus terulang.

"Jadi tanggul kita benahi manual, tinggal pengairannya nih, awas saja kalau sampai masih tebang pilih penggelentorannya saat sangat di butuhkan para petani. Selain sudah kami datangi kantor Pengamat Pengairan di Lemahabang Wadas, bila perlu kita ngadu ke PJT II Sektor Telagasari soal air yang rendah ke wilayah kita, " ancamnya.

Kades Ciwulan, Warkat Subrata mengatakan, bareng aparat desa Pulosari, pihaknya bergotong royong benahi tanggul secara manual demi pengairan yang lancar ke hilir sawah di Ciwulan dan Pulosari. Dirinya berharap, jebolnya tanggul pondok barat, tidak lagi jadi alasan pihak pengamat untuk stabil menggelontorkan pengairan yang di butuhkan para petani di Ciwulan dan Pulosari.

"Ya walau manual, setidaknya bisa terbantu membendung. Kalau airnya masih kurang berarti memang di pintunya yang kurang deras debitnya, maka kami sepakat bareng Pulosari siap untuk datang ke Kepala Seksi PJT II Sektor Telagasari untuk memastikan kelancaran air bagi sawah petani, " Tandasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS