Pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengatakan memakan 2 buah pisang setara dengan 1 porsi nasi 100 gram, menuai reaksi warganet.

Foto ; Wapres Maruf Amin

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menjelaskan maksud yang disampaikan Wapres Ma'ruf Amin tersebut.

Pada Rabu, 30 Maret 2022, Wapres Ma'ruf Amin meninjau panen pisang di Desa Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pada acara itulah Ma'ruf Amin menyinggung ihwal makan 2 buah pisang setara dengan 1 porsi nasi 100 gram.

Wapres Ma'ruf Amin awalnya mengatakan bahwa negara Indonesia punya banyak jenis pisang. Ma'ruf kemudian menyinggung 2 buah pisang setara dengan 1 porsi nasi seberat 100 gram. Wapres juga menyimpulkan, kenyang tidak harus memakan nasi.

Masduki Baidlowi pun memberikan penjelasan. Menurut Masduki bahwa pernyataan Ma'ruf mengenai makan pisang tak perlu makan nasi itu disampaikan pada saat panen pisang. Jadi tidak tepat bila dicerna secara gamblang dan disatukan dengan momentum terpisah.

"Jadi begini, jangan salah paham dengan pernyataan Wapres itu. Pertama, pernyataan Wapres itu dilakukan di Ponorogo, Jawa Timur, pekan lalu. Dalam rangka petani memanen pisang yang kemudian pisang itu pisang untuk ekspor. Jadi petani memanen pisang, lalu Wapres diundang dengan menteri perekonomian dalam konteks memotivasi bagaimana agar petani bisa menanam pisang yang cukup banyak," kata Baidlowi dikutip Minggu, 3 April 2022.

Masduki lebih detil menjelaskan maksud Ma'ruf Amin mengenai makan 2 pisang tidak perlu lagi makan nasi. Dia menekankan bahwa gizi 2 buah pisang setara dengan 1 porsi nasi seberat 100 gram.

"Kedua, tentu saja ketika berpidato, Wapres menjelaskan mengenai nilai gizi pisang. Bukan berarti Wapres tidak makan nasi, hanya menjelaskan bahwa betapa tingginya gizi pisang itu. Yang diet nasi kan pisang sebagai salah satu pengganti, kan bisa dimakan, gizinya cukup," ujarnya.

Masduki menekankan, tidak ada imbauan Wapres Ma'ruf Amin untuk mengarahkan publik agar makan pisang. Menurut Masduki, Ma'ruf Amin hanya menjelaskan gizi pisang yang sama dengan nasi, seperti dilansir Viva, (3/4/2022).

"Kalau orang kemudian mengasumsikan gambar Wapres dan Ibu Wapres lagi makan, ya biasa, Wapres kan masih makan nasi. (Kan) itu dalam rangka betapa pisang nilai gizinya tinggi dan dalam rangka juga untuk memotivasi para petani agar menanam pisang untuk dijadikan komoditas baru selain komoditas lain dalam pertanian selama ini," imbuhya.(***)