×

Iklan

Indeks Berita

Kasek dan Guru Karawang Timur di Garap Sosialisasi Kurikulum Merdeka

8 Apr 2022 | Jumat, April 08, 2022 WIB Last Updated 2022-04-08T07:35:27Z
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) bersama Pengawas dan Pelaku Sekolah Penggerak di Kecamatan Karawang Timur, gelar pelatihan dan sosialisasi gambaran umum Kurikulum Merdeka kepada puluhan Kepala Sekolah, Guru dan Operator Sekolah (Ops) se Kecamatan Karawang Timur, Jumat (8/4/2022). Bertempat di SDN Karawang Wetan 3 Jalan Veteran Nomor 12 RT 05/18 Adiarsa Timur Johar, sosialisasi kurikulum merdeka ini digarap pembinaan dan sosialisasinya langsung dari tiga Kepala SD dengan status Sekolah Penggerak, antara lain Hj Yeni Mulyani S.pd yang membahas tema implementasi kurikulum merdeka, Nining Rusminar S.pd yang memaparkan sekolah penggerak dan Ibu Beti Nurbaeti soal project penguatan profil pelajar Pancasila dan aplikasi merdeka mengajar.

Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka di SDN Karawang Wetan 3 Bersama Kepsek dan Guru se Kecamatan Karawang Timur

Ketua K3S Kecamatan Karawang Timur, Hj Yeni Mulyani S.pd mengatakan, kegiatan sosialisasi ini adalah merupakan implementasi kurikulum merdeka yang di beri gambaran umumnya kepada semua sekolah melalui para Kepsek, guru dan Ops se Kecamatan Karawang Timur. Tujuannya sendiri adalah untuk membuka main set atau pola pikir seluruh pemangku pendidikan terhadap kurikulum yang akan diberlakukan kemudian. Sebagai sekolah dengan status Sekolah Penggerak, pihaknya berkewajiban memberikan imbas serapan pemahaman apa itu kurikulum merdeka yang sudah di terapkan di sekolah yang di pimpinnya di SDN Karawang Wetan 1. Sebab, sebut Yeni, penerapan ini akan di targetkan berjalan di tahun 2024 mendatang.

Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka di SDN Karawang Wetan 3 Bersama Kepsek dan Guru se Kecamatan Karawang Timur

"Minimal faham, mau dan berminat. Karena sekolah dengan ragam status dan kurikulumnya harus di ketahui dan menjadi pilihan bagi setiap Kepala sekolah, " Ujarnya.

Pengawas Koorwilcambidik Kecamatan Karawang Timur Eje Arifin S.Pd mengatakan, sosialisasi kurikulum merdeka ini menjadi keharusan untuk di berikan pemahaman dan gambarannya secara umum, utamanya dari sekolah yang statusnya sudah berstatus sekolah penggerak dan berpengalaman menerapkan kurikulum merdeka. Di Karawang Timur sendiri, sebut Eje, tiga kepsek dari tiga sekolah tersebut di percaya jadi pemateri utama dalam sosialisasi kepada kepsek, guru kelas 1, 4 dan Operator sekolah. Mereka antara lain Hj Yeni Mulyani yang merupakan ketua K3S sekaligus Kepala SDN Karawang Wetan 3, kemudian Kepala SDN Palumbonsari 1 Nining Rusminar S.pd dan Kepala SDN Palumbonsari IV Ibu Bety Nurbaeti S.pd.

"Kurikulum merdeka ini akan diterapkan di tahun 2024 dan di tahun ajaran 2022/2023 menjadi pilihan setiap sekolah, karena pada dasarnya adanya kurikulum merdeka ini, tidak serta Merta menghilangkan begitu saja kurikulum 2013, penyesuaian dan prototypenya, ini antisipasi saja menyongsong 2024," Katanya.

Mantan Ketua K3S Karawang Timur ini menambahkan, dari sisi substansi, pembelajaran dan teknis kurikulum merdeka tentu saja berbeda dari yang sebelumnya, namun outputnya tetap sama yaitu peningkatan pembelajaran di sekolah kaitan dengan Loss Learning, karena selama dua tahun terakhir ini aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah berkurang. 

"Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama K3S, KKG, Koorwilcambidik dan juga pengawas. Semoga daya serap pemahaman materi soal sekolah penggerak dan kurikulum meredeka, bisa maksimal, apalagi tiga SD di Kita ini pionir dan selalu jadi sasaran study tiru kecamatan lainnya di Karawang, " Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut dan membuka acara, Koorwilcambidik Kecamatan Karawang Timur H Nacep Jamaludin dan para pengawas pembina. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS