Guna memudahkan masyarakat memahami aturan mudik dan memastikan pelaksanaan perjalanan mudik 2022 berjalan dengan baik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Satgas COVID-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Polri menyusun buku elektronik panduan mudik 2022 atau e-book Aman dan Sehat.

Direktur Informasi Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, mengatakan, panduan mudik ini diluncurkan dalam bentuk e-book- nya mengingat tingginya potensi pemudik di tahun ini yang menurut survei Balitbang Kemenhub bahkan menembus angka 85,5 juta.

"Banyak hal yang harus kita atur dan sampaikan. Untuk itu buku panduan ini kita luncurkan sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi seputar mudik dan protokol kesehatan selama mudik dalam sebuah buku saku yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, " jelasnya dalam e-book Peluncuran Mudik Aman & Sehat 2022 yang dilaksanakan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin (25/4/2022) secara virtual.

Kominfo, lanjut Dirjen IKP, merupakan pihak yang berperan memastikan informasi tentang kebijakan dan protokol kesehatan selama mudik tahun ini disampaikan kepada masyarakat secara terpadu. Selain itu, juga dalam rangka mendukung pelaksanaan mudik 2022 agar berlangsung aman dan sehat.

"Berragam informasi di dalam e-book itu yang bisa di dapatkan di masyarakat seperti, nomor penting saat mudik, syarat dan aturan mudik, program mudik gratis, rencana rekayasa lalu lintas, serta jangan lupa protokol kesehatan. Itu penting karena kita masih dalam situasi COVID- 19 selamat bersilahturahmi di hari Lebaran 2022," urai Usman Kansong.

Selain itu, hal menarik lainnya yang juga bisa diperoleh dalam e-book tersebut antara lain mengenai sejarah tradisi mudik, dan tips tentang bugar saat mudik. "Buku panduan itu sifatnya living dokumen, artinya informasi yang ada di dalamnya akan selalu kami update jika ada kebijakan dan protokol kesehatan terbaru, atau informasi terbaru.

Masyarakat yang ingin mengakses Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat dapat mengunjungilinktr.ee/mudik2022Dalam link tersebut masyarakat bisa mengunduh buku panduan mudik aman dan sehat, maupun membaca secara online.

Selain itu, dalam buku panduan mudik aman dan sehat juga kami sertakan informasi lain yang bermanfaat untuk menjalankan mudik seperti, info lalu lintas, Korlantas, dan NTMC Polri. Kemudian terkait titik vaksinasi di Tol Jagorawi, Aplikasi PeduliLindungi, dan juga peta kuliner mudik di Pulau Jawa. Sehingga pemudik bisa melakukan perjalanan mudik sembari berwisata kuliner, sekaligus memajukan UMKM lokal," katanya.

Usman Kansong menambahkan, untuk mendukung masyarakat dalam mengakses Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat, sekaligus aktivitas digital lainnya, Kominfo juga telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama mudik dan Lebaran 2022.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B Harmadi, menyambut baik kehadiran e-book Panduan Mudik 2022. "E-book ini sangat mudah dibaca, dipahami, dan sesuai aturan yang berlaku. Mudah-mudahan e-book ini dibaca oleh masyarakat, kemudian digunakan menjadi panduan, serta dapat meminimalkan risiko penularan COVID-19 selama pelaksanaan mudik 2022," harapnya.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi, Thonthowi Djauhari, bahkan memuji yang dilakukan oleh pihak terkait dalam pembuatan e-book tersebut. Menurut dia, keberadaan e-book tersebut melengkapi sejumlah persiapan yang telah dilakukan Kemenhub selaku regulator yang membawahi bidang transportasi.

Buku panduan mudik e-book 2022 sangat memudahkan pemudik karena bisa dibaca lewat hp, banyak informasi di dalamnya termasuk untuk mengetahui jadwal ganjil-genap dan angkutan barang, sehingga pelaku perjalanan bisa memilih kapan sebaiknya melaksanakan mudik. Dengan demikian dapat terhindar dari kemacetan dan kemacetan. kelelahan yang berlebihan, sehingga bisa mewujudkan Mudik aman dan Sehat. Namun disamping itu semua, kesadaran masyarakatlah yang lebih menentukan keberhasilan pelaksanaaan mudik tahun ini. keberhasilan program mudik menggunakan sepeda motor dengan beralih mudik gratis yang telah disiapkan pemerintah," tutupnya.(*)