Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis kedua juga vaksinasi ketiga atau booster . Apalagi jelang mudik lebaran Idulfitri 2022.

Foto Menkes Budi

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada konferensi pers Selasa (12/4/2022) mengatakan per 12 April 2022 sudah tercatat sebanyak 387 juta dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat.

Nadia mengatakan, sebanyak 197 juta vaksinasi untuk dosis pertama dan 161,7 juta vaksinasi dosis kedua. Sementara untuk dosis ketiga, melihat peningkatannya signifikan.

“Kita berharap dengan upaya percepatan terutama antisipasi mudik dan pasca mudik untuk memberikan perlindungan yang lebih kepada seluruh masyarakat. Terutama yang akan melakukan mudik lakukan maka program-program vaksinasi ini kita percepatan,” jelas Nadia.

Ia melanjutkan bahwa vaksinasi akan memberikan perlindungan dan mengurangi dampak terhadap tingkat keparahan akibat COVID-19. Nadia pun mengingkatkan bahwa kasus kematian paling tinggi tercatat bagi orang yang tidak atau belum vaksinasi.

“Sebanyak 65,2 persen kematian pada pasien COVID-19 dengan komorbiditas. Sedangkan proporsi kematian tanpa komorbiditas pada pasien Delta lebih tinggi dua kali dibandingkan dengan pasien Omicron,” kata Nadia.(SD)