Operator Astra Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyebut terdapat peningkatan arus lalu lintas di gerbang Tol Utama Palimanan Cirebon, Jawa Barat, sebesar 26 persen bila dibandingkan dengan hari biasa.
Pintu Tol Paliman

"Pada Sabtu, (23/4) kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali sebanyak 46.687, dengan kenaikan sebesar 26 persen dibandingkan lalu lintas harian," kata General Manager Operation Astra Tol Cipali, Suyitno melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Minggu.

Suyitno mengatakan untuk hari Minggu (24/4) data sementara yang dihimpun terdapat 19.178 kendaraan melintas di gerbang Tol Palimanan Cirebon shift 1, dan angka tersebut menunjukkan ada peningkatan.

Menurutnya, kondisi arus lalu lintas ruas Tol Cipali sejak diberlakukan uji coba pengalihan transaksi gerbang Tol Palimanan pada 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB berjalan lancar. "Lalu lintas mulai ramai dengan data yang ada menunjukkan peningkatan," tuturnya.

Pengalihan transaksi gerbang Tol Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat libur Lebaran 2022, merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol. Dengan adanya penggabungan tarif, jumlah tarif akumulatif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan dari gerbang Tol Cikampek Utama sampai dengan gerbang Tol Kalikangkung adalah Rp357.500.

Sementara itu, besaran tarif untuk pengguna jalan dari gerbang Tol Kalikangkung sampai Cikampek Utama adalah Rp372.000.

"Tarif ini sudah termasuk tarif terjauh untuk jalan Tol Cipali sebesar Rp119.000," katanya.(Antara)