Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Suprapto mengatakan penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2022 H-7 sudah mulai menunjukkan peningkatan.

"Pada hari ini saja ada 2.500 penumpang yang turun dan ini menunjukkan kenaikan dibanding hari biasa," kata Suprapto di Cirebon, Jawa Barat, Senin.

Suprapto mengatakan peningkatkan jumlah penumpang yang turun di stasiun wilayah Daop 3 Cirebon sudah mulai terlihat sejak akhir pekan lalu.


Menurutnya, beberapa hari ke depan jumlah penumpang akan terus meningkat sampai prediksi puncak mudik yang akan jatuh pada 28 April 2022.

Suprapto melanjutkan untuk tren arus mudik di sektor moda transportasi kereta api, sama dengan di jalur darat lainnya.

Di mana untuk arus mudik, peningkatan penumpang didominasi oleh penumpang dari arah Barat yakni kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. "Puncaknya di H-2 lebaran, untuk kedatangan diprediksi mencapai angka 6.000 orang per hari," ujarnya.

Suprapto menambahkan data yang ada di KAI Daop 3 Cirebon, kondisi tiket kereta api untuk keberangkatan pada masa Angkutan Lebaran 2022, sampai Senin tanggal 25 April, sisa tempat duduk ke arah Barat mencapai 187.529 kursi.

Sementara sisa tempat duduk untuk kereta api dari Cirebon ke arah Timur, seperti Surabaya, Jember, Semarang, Solo, Yogyakarta, hingga Purwokerto, untuk arus mudik tersisa 34.011 kursi. (Ant)