×

Iklan

Indeks Berita

Pemerintah Menyiapkan Platform Digital Pelatihan ASN

8 Apr 2022 | Jumat, April 08, 2022 WIB Last Updated 2022-04-07T19:47:06Z

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah mempersiapkan platform digital. Untuk meningkatkan kualitas para aparatur sipil negara (ASN) baik di pusat maupun daerah di masa depan. 

Foto ilustrasi

Platform digital tersebut, nantinya dapat dipergunakan oleh seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah melalui ruang digital. Sehingga, kualitas para aparatur pemerintah di lingkungan kerjanya senantiasa memiliki kualitas yang baik. 

"Sedang, mempersiapkan satu platform digital yang dipergunakan bersama-sama instansi pemerintah lainnya, untuk meningkatkan kualitas dari ASN," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni, dalam tayangan virtual pada Kamis (7/4/2022). 

Sambil menunggu platform digital tersebut rampung, lanjut Alex, instansi pemerintah terkait dari mulai pusat hingga daerah dapat mempersiapkan konten pelatihan atau pembelajaran yang diperlukan. Dengan begitu, konten pelatihan tersebut dapat selaras disinergikan dalam platform itu. 

Kemudian, konten pelatihan yang nantinya akan diaplikasikan dalam platform tersebut, baiknya yang sesuai dengan keahlian dari instansi pemerintah terkait. Agar, kemampuan ASN di lingkungan kerja dapat senantiasa berkualitas. 

"Misalnya, Pemerintah Kota Surabaya ahli dalam menata taman, maka dalam platform digital perlu dijadikan konten pelatihan,"  imbuh Alex. 

Konten dalam meningkatkan kualitas ASN, juga harus kreatif. Artinya, dapat menggunakan medium-medium yang membuat pelatihan yang diberikan melalui platform digital tersebut dapat menarik perhatian dari ASN. 

Caranya, mengemas konten pelatihan dengan menggunakan video, media interaktif, gim, modul dibuat dengan sangat menarik. Agar, keberagaman konten tersebut dapat menarik sebanyak 4 juta ASN yang berada di seluruh pelosok tanah air. 

"Kita miliki keberagaman konten yang membuat 4 juta ASN dapat tertarik untuk belajar," tutur Alex. 

Pemanfaatan ruang digital tersebut, akan semakin memudahkan para ASN mendapatkan konten pelatihan yang dibutuhkan. Jadi, setiap ASN yang berada di berbagai pelosok dapat mengakses pelatihan sesuai dengan keinginannya. 

Melalui kemudahan yang ditawarkan, niscaya gairah ASN untuk secara rutin melakukan peningkatan kualitas dapat terus dilakukan setiap waktu. Hasilnya, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat terus berjalan secara optimal. 

"Gairah ASN untuk senantiasa belajar harus dapat dibangkitkan terus menerus," pungkas Alex. (Gs)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS