Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) V Partai Demokrat Jawa Barat telah usai dan melahirkan Ketua DPD Partai Demokrat Jabar 2022-2027 terpilih Anton Sukartono Suratto. Pascaterpilih, Anton Sukartono menggelar konsolidasi bersama 27 DPC Partai Demokrat se-Jabar, Selasa (5/4/2022).

Diketahui, Musda V Partai Demokrat Jabar mengagendakan pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Jabar periode 2022-2027 dimana dua kandidat sebelumnya bertarung ketat, yakni Irfan Suryanagara sebagai petahana dan Anton Sukartono Suratto yang berlatar belakang anggota DPR RI.

Dalam konsolidasi, Anton Sukartono Suratto mengajak seluruh kader Partai Demokrat merapatkan barisan menghadapi rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dimulai pada Juni 2022. Partai Demokrat Jabar harus bisa merebut kembali suara yang hilang pada dua pemilu 2014 dan 2019 jika ingin menjadi pemenang di Jabar.

"Jumlah suara yang diperebutkan di Jabar paling besar secara nasional sehingga kita harus bisa meraih lagi kemenangan di Jabar. Untuk itu, mari kita rapatkan barisan untuk memperjuangkan aspirasi rakyat Jabar," kata Anton Sukartono dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

Menurut Anton Sukartono, pada Pemilu 2019, Partai Demokrat berada di urutan keenam. Anton berharap pada Pemilu 2024, Partai Demokrat Jabar bisa lebih baik lagi dengan menempati posisi tiga besar.

Untuk itulah, Anton melakukan konsolidasi pasca-Musda V Partai Demokrat Jabar untuk mewujudkan Partai Demokrat Jabar Juara. Perbedaan pilihan dalam musda harus berhenti saat ketua baru terpilih.

Ketua DPD Partai Demokrat Jabar terpilih periode 2022-2027, Anton Sukartono Suratto menggelar konsolidasi dengan 27 DPC Partai Demokrat se-Jabar. (FOTO: ISTIMEWA

"Dalam politik, perbedaan pilihan itu biasa, jadi jangan terlalu dibesar-besarkan. Yang terpenting setelah perhelatan musda selesai, kami semua harus kembali bersatu. Tidak ada yang menang dan tidak ada juga yang kalah, tidak ada lagi kubu Anton ataupun Irfan. Yang ada adalah Kubu AHY (Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono). Semua harus sama-sama satu tujuan untuk menatap Pemilu dan Pilpres 2024," ujar Anton Sukartono.

Dia menyambut baik komitmen para ketua DPC yang akan membesarkan Partai Demokrat Jabar. "Alhamdulillah, dalam pertemuan kemarin, 27 ketua DPC yang hadir berkomitmen untuk sama-sama membesarkan Partai Demokrat di Jawa Barat. Suasana pertemuan pun begitu cair penuh kehangatan. Saya yakin berkat komunikasi yang terjalin baik ini, Partai Demokrat di Jawa Barat akan kembali menjadi pemenang di Pemilu 2024 nanti," tuturnya.

Sementara itu, dilansir Laman INews, dalam kesempatan sama, Dody Setiawan yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor mengapresiasi langkah Anton Sukartono sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jabar terpilih untuk melakukan konsolidasi kepada 27 DPC se-Jabar.

"Saya rasa konsolidasi ini merupakan cermin kematangan berpolitik Kang H Anton. Bagaimana tidak, saya yang bukan pendukung Kang H Anton pada saat musda saja hari ini diundang untuk melakukan konsolidasi. Bahkan, dengan tangan terbuka Kang H Anton menyambut baik kedatangan saya," kata Dody Setiawan. (In)