Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meresmikan Command Center serta Kantor Patroli Jalan Raya Korps Lalu Lintas di Kilometer (KM) 29 Tol Ruas Jakarta-Cikampek, Senin.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan kantor yang diresmikan adalah bekas bangunan Kantor Perwakilan Jasa Marga Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Kantor tersebut tidak difungsikan setelah Gerbang Tol Cikarang Utama dipindahkan ke wilayah Karawang menjadi Gerbang Tol Cikampek Utama.

"Setelah ini saya mengajak beramal untuk merealisasikan kantor seperti ini di Sumatera, di Kalimantan, di Sulawesi, serta wilayah lain," katanya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Dia menyebutkan kantor ini bukan milik kepolisian semata melainkan juga milik segenap unsur terkait dalam memantau lalu lintas serta upaya menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

Firman berharap keberadaan kantor ini mampu membawa manfaat bagi seluruh masyarakat sekaligus memudahkan kepolisian dalam menjalankan tugas.

"Semoga ke depan kita semua diberikan kemudahan dan kantor ini berguna bagi masyarakat," ucapnya.

Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan keberadaan kantor baru ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi petugas kepolisian dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab. "Terima kasih atas semua pihak yang terlibat dalam pembangunan kantor ini. Setiap kebaikan akan menemukan jalannya sendiri," katanya.

Zainal mengatakan aset ini menjadi bagian dari Barang Milik Negara (BMN) yang dikonsesikan kepada Jasa Marga sebagai Kantor Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Terima kasih juga atas inisiatif BPTJ dan Jasa Marga yang telah merelakan kantor eks GT Cikarut kepada kepolisian agar jauh lebih bermanfaat. PUPR mendukung upaya ini dan hal-hal terkait administratif akan segera diselesaikan bersama," kata dia.(KR-PRA).(Ant)