Muhammadiyah resmi mengumumkan penetapan Hari Raya Idul Fitri 2022 atau 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin, 2 Mei 2022.

Foto ilustrasi : Sholat Id berjammah

Hasil ketetapan tersebut tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah perihal Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah 1443 Hijriah.

Dalam maklumat PP Muhammadiyah pada Jum'at, 22 April 2022 pagi, yang menyatakan bahwa Ramadhan tahun 1443 Hijriah belangsung selama 30 hari dan 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin Pon, 2 Mei 2022 Masehi.

Sebelumnya, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Berbeda dengan pemerintah Indonesia yang memutuskan 1 Ramadhan pada Minggu, 3 April 2022.

Maklumat PP Muhammadiyah ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Agung Danarto selaku sekretaris PP Muhammadiyah.

Menurut Maklumat PP Muhammadiyah dalam menetapkan jadwal Hari Raya Idul Fitri 2022 menggunakan metode hisab wujudul hilal atau metode yang menggunakan perhitungan astronomis.

Dalam menggunakan metode hisab wujudul hilal terdapat tiga syarat yang harus dilakukan, yaitu adanya ijtimak atau disebut juga dengan istilah konjungsi.

Ijtimak terjadi pada waktu sebelum matahari terbenam dan saat tenggelamnya matahari pun posisi piringan atas bulan terletak di atas ufuk ketika bulan baru sudah terbentuk.

Maklumat PP Muhammadiyah juga menyebutkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan ijtimak, ketika memasuki bulan Syawal bertepatan pada 30 Ramadhan 1443 H. Tepatnya jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022 pukul 03.31 WIB.

Syarat kedua dalam menentukan 1 Syawal adalah ketika hilal sudah mulai nampak. Tinggi bulan ketika tenggelamnya matahari di daerah Yogyakarta berhasil mencapai 4 derajat. Posisi bulan yang sudah mencapai 4 derajat ini sudah memenuhi kriteria kedua.

Terakhir, kriteria ketiga dalam menentukan awal bulan menurut metode hisab wujudul hilal juga sudah terpenuhi.

Pertanyaan tersebut tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah yang dikeluarkan 3 Februari 2022. Pada Maklumat dijelaskan bahwa di seluruh wilayah Indonesia saat matahari tenggelam posisi bulan sudah berada di atas ufuk.(*)