Banjir yang melanda Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Kawarang, Provinsi Jawa Barat, berangsur surut. Pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, ketinggian muka air berkisar antara 20 sentimeter pada Sabtu (23/4).

BPBD Kabupaten Karawang menginformasikan banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur pada Jumat (22/4) petang, pukul 16.20 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kejadian ini.

"Menurut laporan BPBD, sebanyak 600 KK atau 1200 jiwa di Desa Dawuan Tengah terdampak banjir tersebut. Di samping itu, sebanyak 450 unit rumah dilaporkan terendam genangan banjir," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Dalam upaya penanganan darurat, BPBD bersama TNI, Polri, relawan dan aparat desa membantu pelayanan warga terdampak. Personel gabungan juga bersiaga untuk melakukan percepatan penanganan darurat bagi warga yang membutuhkan pertolongan.

Meskipun cuaca cerah berawan, pemerintah daerah serta masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir ke depan. Hal tersebut berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG yang menyebutkan wilayah Karawang masih berpeluang hujan ringan hingga lebat dalam dua hari kedepan hingga Senin (25/4).

BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Gotong royong warga diharapkan untuk memperbaiki sistem drainase guna memastikan debit air dapat tertampung, khususnya jika terjadi hujan intesitas tinggi dengan durasi panjang atau lebih dari satu jam.

Warga pun harus mewaspadai hujan dengan intensitas tinggi hingga panjang yang berpotensi membawa banjir susulan.(**)