Kementerian Perhubungan memberangkatkan secara gratis ratusan pemudik asal Kota Cirebon dan sekitarnya menuju Jakarta menggunakan bus yang disediakan secara gratis.(9/5/22).

Sebanyak 147 warga Cirebon diberangkatkan secara langsung dari Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon menggunakan 5 unit bus, Minggu (8/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kemenhub RI, Drs Nahdudin MSc. Ia didampingi oleh Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Terminal Tipe A Harjamukti, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati, Wakapolres Ciko, Dandim 0614/Kota Cirebon, Kadishub Kota Cirebon, dan Kepala Jasa Raharja Perwakilan Cirebon.

Dalam keterangannya, Nahdudin menjelaskan program tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lalu lintas jalan. Apalagi dengan adanya mudik gratis tersebut volume kendaraan dapat berkurang. Apalagi total ada 147 penumpang yang ikut serta dalam mudik gratis tersebut. paling tidak ada 2 tujuan yang dituju oleh para pemudik, yakni Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan.

“Karena mudik gratis ini, volume jalan akan terkendali. Kepadatan jalan akan berkurang. Karena yang kamu bayangkan hari ini tersedot 147 orang. Misal pakai motor atau kendaraan pribadi, bagaimana volumenya, kata Nahdudin, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, program ini juga merupakan cara pintas untuk keselamatan dan keamanan transportasi jalan. Apalagi dalam situasi pasca lebaran, semuanya akan kembali ke daerah asalnya masing-masing. Sehingga, jalan penuh dan beban jalan akan semakin meningkat.

“Kita tahun ini untuk arus balik adakan serentak di 8 kota lainnya ada di Jabar, Jateng, dan Jatim. Insyallah setiap tahunnya kita akan mengalokasikan lebih banyak lagi,” tulisnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati menyampaikan bahwa menyambut baik adanya program balik gratis yang diadakan oleh Kemenhub RI. Apalagi ini akan mengurangi angka kecelakaan.

“Pengamanan dan koordinasi yang dilakukan ini menghasilkan hasil yang tentunya luar biasa. Dua tahun kita tidak ada mudik. Hari ini semua keluar dengan kondisi luar biasa, Kemenhub RI membuat regulasi yang tepat. Saya terima kasih kepada Pak Menteri dan jajarannya," jelasnya.

Berharap untuk mendapatkan, kata Eti, Kota Cirebon bisa mendapatkan kuota yang lebih banyak daripada tahun 2022 ini.

“Kami Kota Cirebon, berharap agar bisa ditingkatkan dan diberitahukan lagi. semoga ini belum tersosialisasikan. Mudahmudahan tahun depan lebih banyak. Minimal warganya tidak membawa motor pulang dari Jakarta, pulang-berangkat disediakan” pungkas Eti.(HK/if)