Arus balik kendaraan pemudik menuju Jakarta pada H+5 Lebaran menyebabkan lalu lintas di jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat macet hingga 2 kilometer, Jumat (6/5/2022) siang.

Kendaraan pemudik menuju Jakarta pada H+5 Lebaran di jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat macet hingga 2 kilometer, Jumat (6/5/2022) siang. Foto/iNews TV/Toiskandar.

Pantauan di lapangan, kepadatan di titik simpul Simpang Empat Palimanan menjadi penyebab ribuan pemudik sepeda motor dan mobil pribadi antre mengular panjang.

Lokasi kemacetan pemudik arus balik dari arah Jawa Tengah menuju ke ibu kota Jakarta ini terjadi di titik rawan kemacetan di Simpang Empat Lampu Merah Pantura Palimanan, Cirebon.

Padatnya arus lalu lintas membuat kendaraan pemudik arus balik hanya bisa berjalan merayap dengan kecepatan rendah antara 10 hingga 20 Km per jam. Meningkatnya volume kendaraan arus balik di jalur Pantura Cirebon membuat di sejumlah titik Persimpangan Plered hingga Simpang Empat Palimanan. Akibatnya, ribuan pemudik terjebak kemacetan panjang hingga 2 Km. Kemacetan juga diperparah dengan kendaraan bus yang mangkal dan menaikkan penumpang.

Pada arus balik ini kendaraan roda empat mobil pribadi memilih jalur pantura karena khawatir terjebak macet di jalan tol Palikanci dan tol Cipali Guna memperlancar pemudik arus balik menuju ibu kota Jakarta, petugas Polresta Cirebon melakukan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup jalur secara manual dari bandung ke arah Cirebon, seperti dikutip dari INews.

Petugas juga memprioritaskan arus menuju ke Jakarta. Diperkirakan gelombang arus balik dari arah Jawa Tengah mengarah ke tujuan Bandung dan Jakarta akan terus meningkat pada sore dan malam hari nanti.(*)