Kapal Sabuk Nusantara 91 kandas setelah menabrak karang di Pulau Setabok Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022).


Evakuasi Korban

Anggota Polsek Sapeken melakukan pengiriman Kapal Sabuk Nusantara 91 yang kandas di Pulau Setabok, sekota pukul 12.15 WIB.


Kapal Sabuk Nusantara 91 tujuan Pelabuhan Sapeken - Kangean - Kalianget, mengangkut sepeda motor 13 unit dan penumpang sekitar 434 orang.

Setelah perjalanan sekitar 30 menit Kapal Sabuk Nusantara 91 terlalu melambung sehingga terdengar ledakan keras di lambung kapal, dan ternyata kapal kandas menabrak karang.

Kapal Sabuk Nusantara 91 yang dinahkodai oleh Kapten Kuseno dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 22 orang berusaha untuk memundurkan kapal agar terlepas dari karang Teluk Sapatako, namun usaha yang dilakukan beberapa kali oleh Nahkoda dan ABK tidak membuahkan hasil, apalagi air laut mulai surut.

Dengan adanya kejadian tersebut Kapolres Sumenep memerintahkan Kapolsek Sapeken Iptu Datun Subagyo beserta anggota membantu membantu pelayaran dengan menggunakan perahu nelayan untuk kembali ke Sapeken.

Para penumpang Kapal Sabuk Nusantara 91 yang mau dievakuasi kembali ke Sapeken sebanyak 384 orang sedangkan 50 orang bertahan di Kapal Sabuk Nusantara 91 sambil menunggu air laut pasang untuk melanjutkan perjalanan.

Kapolres Sumenep, AKBP Rahman Wijaya menegaskan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. "Alhamdulillah, semua penumpang selamat dan termasuk ABK-nya," jelasnya. (Nas)