Hampir 50 persen anggotanya memasuki masa purnabakti, Pengurus Pergantian Antar Waktu (PAW) Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Disdikpora Kabupaten Karawang 2018-2023 resmi di kukuhkan pada Rabu pagi (11/5/2022) di Hotel Karawang Indah. 
Para pengurus baru hasil seleksi internal tim inti KKPS bersama Disdikpora itu, mendapati beberapa pengawas yang masih aktif untuk bergabung di kepengurusan yang menyisakan waktu sekitar 1,5 tahun lagi.

Foto : Prosesi Pengukuhan Pengurus PAW KKPS 2018-2023 Karawang, Rabu (11/5/2022)

Ketua KKPS Karawang Asep Yusuf Ismail mengatakan, atas dasar banyaknya pengurus yang sudah memasuki masa purna bhakti, pihaknya merasa perlu mengukuhkan kembali kepengurusan baru yang masih aktif sebagai pengawas sebagai pengurus PAW. Mereka sebut Iyus, tidak cuma-cuma saat di rekrut, karena sudah melalui rekrutmen personal tim KKPs dan hasil koordinasi bersama pejabat di lingkungan Disdikpora Karawang untuk siap mengurusi organsiasi atau forum ini hingga 2023 mendatang.

"Dasarnya adalah pengurus lama banyak yang sudah purnabakti, jadi perlu dilakukan PAW kepengurusan, khususnya yang masih aktif lewat rekrutmen personal tim dari KKPS Karawang, " Katanya usai tanda tangani berita acara pengukuhan bersama Kadisdikpora, Kabid GTK, Kabid Pendas.


Pengawas Koorwilcambidik Klari ini juga menyampaikan masukan agar Bidang Pendas dan Bidang GTK diharapkan semakin intens koordinasi dengan pihak KKPs dan rekan pengawas sebagai orang lapangan, ini penting agar teman-teman kepala sekolah juga guru tidak di bingungkan dengan Informasi-informasi yang ganda dan berbeda. Lebih dari itu, sambung Iyus, saat sekolah hajat dan melangsungkan ujian sekolah yang akan di gelar 23-30 Mei 2022, tidak ada kegiatan lain sehingga tidak tumpang tindih agenda agar pelaksanaan Ujian Berjalan lancar dan pihaknya fokus melaksanakan pemantauan kegiatan tersebut.

Foto : Prosesi Pengukuhan Pengurus PAW KKPS 2018-2023 Karawang, Rabu (11/5/2022)

"Saran kami, kiranya lintas bidang di Dinas bisa memasukkan koordinasi bersama KKPS sebagai orang lapangan, sehingga menyeragamkan informasi dan program, maupun jadwal-jadwal penting yang menjadi hajat sekolah untuk menghindari disinformasi maupun miskomunikasi, " Katanya.

Selain itu, tambahnya, KKPS juga menyampaikan masukan agar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) saat ini, bisa dilaksanakan seperti saat Implementasi Kurikulum 2013, intinya muncul pada DPA /Anggaran Disdikpora.

"Akhir kegitan ini, kita melaksanakan rapat bersama pengurus KKPS membahas tentang Tupoksi KKPS yang merupakan Pengabdian juga membahas tentang rencana rapat Kerja yang Insya allah akan di gelar akhir Juni atau awal Juli 2022, sekaligus membagi tugas untuk nanti Raker dalam Penyusunan Program Kepengawaasan tahun pelajaran 2022-2023, " Ungkapnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Karawang H Asep Junaedi mengucapkan Selamat dan sukses atas pengukuhan Pengurus KKPS PAW masa bhakti 2018-2023. Pihaknya pesankan agar KKPS dan semua pengawasnya yang merupakan kepanjangtanganan Dinas, bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Disamping itu, dirinya jyga berpesan kepada yang hadir agar jangan ragu dan jangan takut dengan batas usia pensiun 58 tahun, dengan kata lain pihaknya mensuport kepada semuanya agar kedepan generasi selanjutnya untuk menduduki jabatan struktural di Disdikpora, seperti kasie, Kabid maupun Kabid, bahkan Kepala Dinas sekalipun.

"Ini pengawas yang baru-baru nih, jangan takut jika usia pensiun 58 tahun, kita support terus agar generasi berikutnya bisa sukses dan mencapai jenjang karir yang moncer kedepan jika sesekali dipercaya jadi pejabat struktural sekalipun, " Ungkapnya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Disdikpora Karawang, Drs.H.Asep Junaedi, M.Pd, Kabid GTK, H. Parno, S.Pd.MM dan Kabid Pendas Dra Hj.Yani Heryani .MM, Juga nampak Hadir tamu Undangan dari Unsur Pengurus APSI Kab Karawang, Drs Rukmana M.Pd sebagai Ketua APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) yang juga Sekretaris APSI Jabar. Tidak hanya itu, Ketua MKPS SMP H.AHNAR.M.Pd serta Perwakilan dari Pengurus K3S Karawang yang di Wakili Yeni Mulyani, S.Pd, juga dari Perwakilan FKKG Karawang Herni Suherni dan Lutfiyah nampak hadir dalam kegiatan tersebut. (Rd)