Badan Kepegawaian Negara (BKN) menilai sistem informasi kepegawaian Kementerian Agama sangat baik. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Biro Kepagawaian Setjen Kemenag Nurudin di Jakarta.

Kepala Biro Kepegawaian Nurudin

“Alhamdulillah, BKN sudah merilis hasil surveinya terkait Pemetaan Sistem Informasi Kepegawaian Instansi pada tahun 2022. Hasilnya, Kemenag masuk kategori sangat baik,” terang Nurudin, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, hasil survei BKN ini pada 23 Mei 2022. Survei tersebut dilaksanakan pada 12 April 2022. Ada empat variabel yang disurvei, yaitu: Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, Sistem Informasi dan Data, Organisasi, serta Proses. Tiga variabel mendapat nilai yang sangat baik. “Variabel Khusus organisasi, kita masih kategori baik. Ke depan ini akan terus kita tingkatkan,” jelas Nurudin.

BKN, lanjutnya, juga memberikan nomor rekomendasi. Terkait SDM misalnya, BKN merekomendasikan untuk dilakukan evaluasi secara berkala untuk pengembangan kompetensi teknis dalam pengelolan database dan infrastruktur Sistem Informasi Kepegawaian.

Terkait Teknologi, Sistem Informasi dan Data, BKN antara lain mendorong proses integrasi pengelolaan arsip kepegawaian digital. Untuk organisasi, rekomendasi yang diberikan antara lain integrasi data atau sistem informasi BKN secara menyeluruh.

“Proses terkait, penilaian BKN perlu dilakukan evaluasi secara periodik untuk pemutakhiran data porses,” jelas Nurudin.

“Hasil survei BKN ini menjadi modal penting bagi kita untuk terus melakukan perbaikan ke depan,” ujarnya. (Nag)