H+7 Lebaran 2022 hari ini, Senin (9/5/2022), lalu lintas di jalur Gentong, Tasikmalaya, sejak pagi hingga sore ini masih mengalami kemacetan panjang. Bahkan kemacetan terjadi mulai dari perbatasan Garut-Tasikmalaya hingga Jamanis sepanjang 20 kilometer (km).

Jalur Gentong, Tasikmalaya macet parah sepanjang 20 kilometer hingga perbatasan Garut. 

Kemacetan ini dampak dari kepadatan yang terjadi di Limbangan, Kabupaten Garut. Antrean panjang kendaraan di jalur Gentong Tasikmalaya ini mulai terjadi di jalur Jamanis tepatnya di depan Masjid Ice-Ciawi-Pamoyanan-Gentong bawah-lingkar Gentong-Gentong atas hingga perbatasa Garut-Tasikmalaya.

Antrean kendaraan sudah terjadi sejak pagi tadi hingga sore ini, di mana arus lalu lintas terlihat padat merayap hingga terkadang laju kendaraan tidak bisa bergerak dan berhenti akibat macet.

Meskipun hari ini merupakan hari pertama mulai masuk kerja setelah libur lebaran, namun kenyataannya masih banyak pemudik yang melakulan perjalanan balik ke arah Bandung dan Jakarta.

KBO Satlantas Polres Tasikmalaya Kota Iptu Soni Alamsyah mengatakan, hari ini merupakan terakkhir Operasi Ketupat Lodaya 2022. Namun masih terjadi kepadatan sejak pagi hingga sore ini, mulai dari Jamanis hingga perbatasan Tasikmalaya-Garut.

"Hari ini arus balik masih banyak sekali. Terlebih hari ini ke daraan sumbu tiga sudah mulai beroperasi. Kemacetan ini sudah terjadi di wilayah Limbangan Garut dan hingga ke Tasikmalaya," kata KBO Satlantas Polres Tasikmalaya Kota.

Walaupun kemacetan terjadi dari batas Tasikmalaya-Garut hingga Jamanis sepanjang 17 hingga 20 km. "Kami juga belum bisa melakukan one way karena kondisi di jalur wilayah limbangan garut masih padat," ujar Iptu Soni Alamsyah.(**).


Sumber : INews