×

Iklan

Indeks Berita

Halal Bi Halal, FPP Pastikan 98 Persen Pesantren di Karawang Sudah Daftar Aplikasi Emis

31 Mei 2022 | Selasa, Mei 31, 2022 WIB Last Updated 2022-05-31T13:16:11Z
Sebanyak 98 persen Pondok Pesantren di Karawang sudah terinput registrasi di aplikasi Education Management Information System (EMIS) di tahun 2022. Penguatan data EMIS ini merupakan tindak lanjut kebijakan dari Direktorat pendidikan islam Kemenag yang mencanangkan bulan data pendidikan Islam tahun 2021 berdasarkan surat pemberitahuan bulan data pendidikan Islam tahun 2021 nomor B-1344/DJ.I/HM.01/05/2021 yang diberlakukan mulai tanggal 10 Mei-9 Juni 2021. 

Foto : Halal bi Halal Forum Pondok Pesantren Karawang dan Peresmian Sekretariat Baru FPP di Islamic Center

"EMIS bagi lembaga pendidikan Islam yang dinaungi Kemenag adalah sebagai wadah untuk kemudahan administrasi, penyaluran bantuan, serta sebagai penunjang kegiatan perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kementerian Agama, Alhamdulillah di Karawang sudah 98 persen terdaftar, namun baru 70 persen yang sudah lengkap, " Kata Sekretaris Forum Pondok Pesantren (FPP) Karawang Ajang Syaeful Khiyar di sela kegiatan Halal Bi Halal pengurus dan Peresmian Sekretariat FPP Karawang di Gedung Islamic Center Lantai 2, Selasa (31/5/2022). 

Foto : Halal bi Halal Forum Pondok Pesantren Karawang dan Peresmian Sekretariat Baru FPP di Islamic Center

Aplikasi Emis sendiri, tambah Ajang, berisikan menu tentang data-data  pesantren, seperti data lengkap santri, lembaga, dewan guru, sarana pra sarana mesjid, gedung pondok, madrasah hingga lapangan parkir dan MCK. Adapun 70 persen yang terdaftar namun belum sempurna kelengkapannya, karena sejauh ini masih terkendala Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih dalam tahap pembinaan. 

"Kendalanya karena memang masih pembinaan, insha Allah kedepan FPP memfasilitasi kelengkapan lebih lanjut untuk memastikan semua pesantren sudah teregister di aplikasi EMIS, " Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FPP Karawang KH Ade Rosyi Fauzan mengungkapkan, selain membahas soal aplikasi EMIs bersama Kasie PD Pontren Kementerian Agama Karawang, kegiatan ini halal bi halal pengurus ini sekaligus wujud syukur atas hadirnya sekretariat FPP jelang Musyawarah Daerah (Musda) ke 1 FPP 12 Juli mendatang. Tentu saja, mewakili semua pengurus FPP, pihaknya mengapresiasi perjuangan teman-teman FPP kecamatan untuk terus Istiqomah memajukan pesantren di setiap wilayahnya dan atas semua supportnya sehingga bisa hadir kesekretariatan di tingkat Kabupaten.

"Semoga dengan adanya sekretariat ini kelengkapn pemberkasan, dokumen, laporan dan administrasi terkait kepesantrenan, bisa lebih teratur, rapih dan tertata dengan sebaik-baiknya, " Harapnya.

Sementara itu, dalam Sambutannya kasi PD Pontren Kemenag Karawang, Dr H Asep Hoirul Faizin mengapresiasi kekompakan dan soliditas para pengurus FPP Karawang dalam menjalankan program dan kegiatannya sela ini. Hadirnya sekretariat FPP ini, sebut Asep, semoga bisa membawa kebermanfaatan bagi para pengurus FPP dan memudahkan koordinasi, komunikasi dan silaturahmi antar pengurus Kabupaten dengan Kecamatan, termasuk bersama Kementrian Agama (Kemenag)

"Kita berharap, FPP bisa semakin solid dan lebih bisa membawa pesantren ke lembaga yang lebih maju dan berdaya, " Ungkapnya.(rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS