×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hasil Piala Thomas 2022: Lewat Laga Panas, Ahsan/Kevin Bawa Indonesia Ungguli Jepang 2-0

13 Mei 2022 | Jumat, Mei 13, 2022 WIB Last Updated 2022-05-13T14:23:17Z

Tim beregu putra Indonesia berhasil mengungguli Jepang 2-0 dalam laga semifinal Piala Thomas 2022, Jumat (13/5/2022) setelah pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Aksan dan Kevin

Dalam pertandingan di Impact Arena, Bangkok, Thailand itu, duel Ahsan/Kevin dan wakil Negeri Sakura berlangsung amat ketat sebelum wakil Indonesia menang dengan skor 22-20, 8-21, 24-22.

Ahsan/Kevin memulai pertandingan ini dengan buruk. Mereka sempat tertinggal begitu jauh dari Hoki/Kobayashi dengan skor 7-17.

Namun, Ahsan/Kevin secara luar biasa mampu bangkit lewat ketenangan dan mentalitasnya. Mereka mencatatkan delapan poin beruntun hingga memperkecil ketertinggalan menjadi 13-17.

Momentum itu mampu dimanfaatkan Ahsan/Kevin dengan baik dan di sisi lain wakil Jepang "kena mental" hingga justru berbalik tertekan.

Perlahan tapi pasti, Ahsan/Kevin mulai bisa mengimbangi permainan enerjik dan cepat lawan hingga puncaknya mampu meraih kemenangan di gim pertama dengan skor 22-20 setelah merebut lima poin beruntun.

Di gim kedua, Ahsan/Kevin kembali digempur oleh Hoki/Kobayashi yang sejak awal pertandingan tampil begitu enerjik lewat smash keras bertubi-tubi hingga tertinggal 1-5.

Ahsan/Kevin terus tertekan setelah itu. Mereka benar-benar dibuat pontang-panting dan tak memberikan napas untuk wakil Merah Putih.

Situasi itu membuat Ahsan/Kevin tak mampu mencari celah untuk balik menyerang hingga tertinggal jauh 4-14.

Tertinggal jauh membuat Ahsan/Kevin lebih memilih tampil sabar dengan hanya melakukan pukulan lob sambil menunggu kesalahan dari wakil Negeri Sakura. Namun, momen membalikan keadaan di gim pertama tidak tercipta hingga mereka kalah 8-21.

Di gim penentuan, Ahsan/Kevin langsung berinisiatif menyerang. Mereka bertubi-tubi menekan Hoki/Kobayashi hingga sempat unggul 5-1 sebelum unggul 11-8 saat interval.

Selepas jeda, Ahsan/Kevin coba terus menjaga momentum hingga sempat unggul 16-11, sebelum meraih kemenangan dengan skor 24-22.

Sebelum laga ini, Ahsan/Kevin yang merupakan pasangan dadakan, belum pernah bertemu Hoki/Kobayashi. Namun, wakil Jepang peringkat empat dunia ini sejatinya sudah menjelma sebagai batu sandungan wakil-wakil Merah Putih sejak tahun lalu.

Kevin bersama Marcus Fernaldi Gideon sudah 13 kali bertemu Hoki/Kobayashi dan unggul 11-2 secara head-to-head. Namun, dua kemenangan wakil Jepang terjadi dalam tiga pertemuan tereakhir tepatnya di final Indonesia Masters 2021 dan BWF World Tour Finlas 2021.

Sementara Ahsan bersama Hendra Setiawan sudah lima kali berjumpa Hoki/Kobayashi dengan raihan tiga kemenangan dan dua kalah.

Dua kemenangan wakil Jepang atas The Daddies itu terjadi di dua pertemuan terakhir tepatnya di Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021.

Indonesia sebelumnya unggul 1-0 atas Jepang lewat Anthony Sinisuka Ginting yang sukses mengalahkan tunggal putra ranking dua dunia, Kento Momota dengan skor 21-13, 14-21, 21-12.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS