Teka-teki siapa Penjabat Gubernur Banten terjawab sudah. Sosok itu adalah Al Muktabar, yang saat ini menjabat Sekda Banten.

Al Muktabar akan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Banten, oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kamis 12 Mei 2022 esok.

Ditunjuknya Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) direspon Ketua DPRD Banten Andra Soni.

Andra bahkan memuji Al Muktabar yang selama ini dinilai kooperatif dalam menjalankan tugasnya sebagai Sekda, khususnya dalam hal komunikasi dengan DPRD Banten.

"Selama ini komunikasi baik, aktif dan koperatif," ujar Andra Soni, Selasa 11 Mei 2022.

Menurutnya, selama menjabat Sekda Banten, Al Muktabar hampir selalu menghadiri agenda-agenda bersama DPRD Banten.

"Hampir semua agenda bersama dengan DPRD selalu beliau hadiri," ucap Andra.

Andra juga membandingkan Al Muktabar dengan kepala-kepala OPD.

"Bahkan dibandingkan dengan beberapa pejabat OPD, kalau diundang DPRD Pak Al lebih responsif," kata politisi Partai Gerindra ini.

"Dan jarang, bahkan hampir tidak pernah (dalam acara) diwakili," ujarnya menambahkan.

Dia meyakini penunjukkan Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten telah melalui berbagai pertimbangan.

"Pemerintah pusat pasti sudah mempertimbangkan segala aspek," kata Ketua DPRD Banten Andra Soni, Rabu 11 Mei 2022.

Dirinya berharap, sosok Penjabat Gubernur Banten nanti dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memimpin Banten hingga dilantiknya Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten definitif hasil Pilkada 2024 mendatang.

Ada beberapa catatan yang perlu menjadi concern Penjabat Gubernur Banten usai dilantik nanti.

"Bahwa panduan dalam menjalankan tugas sudah ada. Rencana pembangunan daerah 2023-2026 kan sudah ada juga. Lalu untuk 2023 proses perencanaannya juga sudah berlangsung," ucap Andra,mengutip Kabar Banten.

Dia juga menekankan tentang pembenahan reformasi birokrasi di tubuh Pemprov Banten.

Ketua DPRD Banten Andra Soni menilai selama menjabat Sekda Banten Al Muktabar aktif dan koperatif. Besok, Al Muktabar akan dilantik menjadi Penjabat Gubernur Banten. /Dok. Kabar Banten/

"Penekanan dari kami adalah terkait dengan reformasi birokrasi yang sebelumnya belum berhasil, ini menjadi titik central yang harus dibenahi oleh Penjabat Gubernur Banten ke depan," ujarnya.(*)