×

Iklan

Indeks Berita

KM Ciremai Angkut 1.180 Arus Balik Gratis Sepeda Motor 2022 Menuju Jakarta

11 Mei 2022 | Rabu, Mei 11, 2022 WIB Last Updated 2022-05-10T23:21:40Z

 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) bersama PT Pelni (persero) memberangkatkan para peserta arus balik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari ini, Selasa (10/5) pukul 15.00 WIB.

Kapal Pelni dan pemudik

Sebanyak 1.180 orang peserta arus balik gratis hari ini bertolak menuju Jakarta dengan kapal KM. Ciremai yang diperkirakan tiba esok hari di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Adapun untuk program Balik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut dilayani oleh 2 kapal yang dioperatori oleh PT. PELNI, yaitu KM. Ciremai dan KM. Dobonsolo.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Mugen Sartoto menjelaskan bahwa jumlah peserta arus balik yang sudah check in dan terangkut kapal menuju Tanjung Priok adalah 1.180 orang penumpang dan 466 sepeda motor yang diangkut dengan kapal KM. Ciremai pada hari ini. Sebelumnya kapal KM Ciremai ini bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 9 Mei 2022.

Sedangkan untuk keberangkatan 11 Mei 2022 dari surabaya dan 12 Mei dari Semarang, peserta balik gratis akan diangkut dengan kapal KM Dobonsolo yang hingga saat ini jumlah sementara para peserta arus balik gratis yang terverifikasi adalah 674 orang dan 308 unit sepeda motor.

Selain itu, Capt Mugen menyebutkan masih ada 1 (satu) keberangkatan arus balik gratis dengan KM Dobonsolo yang akan bertolak dari Surabaya pada 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB, dan dari Semarang 12 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

"Masih ada kuota tersisa, jadi bagi yang belum arus balik dipersilahkan untuk segera mendaftar, rawpendaftaran juga bisa dilakukan pada hari H di Pelabuhan keberangkatan, yaitu Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang dengan catatan maksimal 4 jam sebelum keberangkatan dan selama masih ada kuota tersisa," ungkapnya, Selasa (10/5/2022).

Capt. Mugen mengungkapkan, tujuan utama adanya program arus mudik dan balik gratis dengan kapal laut adalah memindahkan para pemudik roda dua agar tertarik untuk naik kapal laut. Sehingga dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya yang pada akhirnya mampu meningkatkan keselamatan transportasi.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselanggaranya program arus balik gratis dengan kapal laut ini. "Terima kasih atas kerja kerasnya akhirnya setelah sukses dengan mudik gratis kini kita dapat lanjut dengan arus balik gratis," tutup Capt Mugen.(as)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS