Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberi pesan khusus kepada jajarannya, pusat dan daerah, untuk memaksimalkan pelaksanaan anggaran dan kebijakan yang berpihak pada rakyat. Salah satu cara pemanfaatan anggaran yang efektif dan efisien, menurut Menag, adalah merasionalisasikan anggaran perjalanan dinas.



"Anggaran perjalanan dinas yang ada perlu dirasionalisasikan, agar pemanfaatan anggaran yang diamanahkan kepada kita benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Menag di Jakarta saat memimpin rapat koordinasi evaluasi penyerapan anggaran Kementerian Agama Tahun 2022 Kamis (12/5/2022).

"Perlu diingat bahwa setiap anggaran yang diamanahkan rakyat, harus kita pertanggungjawabkan," lanjutnya.

Dalam rapat yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag se Indonesia Ini, Menag mengingatkan setiap penanggung jawab pelaksanaan anggaran untuk memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri. "Penggunaan produk dalam negeri harus dioptimalkan. Sebab, ini adalah salah satu cara untuk memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya setelah diterpa pandemi Covid-19 dalam kurun 2 tahun terakhir," tegas Menag

Nizar Ali 
.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menambahkan, pelaksanaan anggaran harus disegerakan. Sebab, anggaran yang dititipkan adalah amanah untuk kesejahteraan rakyat.

"Jangan tunda pelaksanaan anggaran, menyegerakan pelaksanaan anggaran akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di tengah badai pandemi yang belum berakhir di negeri kita," pungkas Nizar.(nag)