Jelang libur besar nasional, volume keberangkatan pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta kembali mengalami peningkatan hampir dua kali lipat jika dibandingkan pada Kamis 12 Mei 2022.

Penumpang kereta api

"Hari ini secara total terdapat 31.200 pengguna KAJJ yang berangkat. Dari jumlah tersebut sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 35 KA yang beroperasi, dan 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 KA yang beroperasi, lainnya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," jelas Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (13/5/2022).

Adapun relasi yang banyak dipilih antara lain tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat agar memenuhi persyaratan perjalanan KA untuk menghindari resiko batal karena tidak memenuhi persyaratan.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub No 49 tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining COVID-19;

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam;

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam;

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam;

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi vaksin kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen;

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Lebih lanjut Eva menyarankan, bagi calon penumpang yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan waktu dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Sementara untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini masih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata volume kedatangan di masa pandemi.

Total untuk hari ini terdapat sekitar 31 ribu pengguna yang akan turun di area Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut sebanyak 13.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.300 di Pasar Senen, 1.600 di Bekasi dan sisanya merupakan penumpang turun di Stasiun lain Jakarta Kota , Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek," urainya.

Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5 sd 9 Mei 2022 di mana pada periode tersebut rata-rata perhari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di awal keberangkatan.

Penumpang datang juga dihimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta, pastikan semua barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan rak bagasi tidak tertinggal.(nag)