×

Iklan

Indeks Berita

Alhamdulillah, Jemaah Haji Indonesia Menangis Tiba di Madinah

4 Jun 2022 | Sabtu, Juni 04, 2022 WIB Last Updated 2022-06-04T16:10:23Z

Madinah: Rasa haru dan syukur dipanjatkan oleh jemaah haji asal Indonesia yang sudah mendarat di Ameer Mohammed bin Abdul Aziz Internastional Airport, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2022).

Jammah haji Indonesia

Pantauan di lokasi, mereka tidak henti-hentinya mereka menitikkan air mata, karena akhirnya dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci, untuk beribadah haji.

Rasa haru itu dirasakan oleh Ibu Pudji Lestari, jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Solo.

"Syukur Alhamdulillah luar biasa Ya Allah, saya nggak nyangka bisa sampai ke sini. Senang ya, saya tidak bisa bayangkan dapat sambutan begini (secara hangat)," ujar Pudji sembari menangis terharu, saat ditemui rri.co.id di lokasi.

Baginya, untuk beribadah haji di masa pandemi seperti sekarang ini tentu tidak mudah, karena memerlukan perjuangan luar biasa.

"Perjuangan yang sungguh luar biasa (untuk bisa ibadah haji). Insyaallah saya siap untuk beribadah," tegasnya.

Selain Ibu Pudji, ada pula Ibu Sri Hartini dari kloter yang sama. Ia juga merasa bahagia karena dapat berangkat ke Tanah Suci untuk ibadah haji.

"Saya bahagia sekali, bangga banget karena saya sebetulnya tidak ikut di kloter ini. Tapi saya cadangan. Dan Alhamdulillah saya bs masuk," kata Sri.

Dirinya pun mengaku sudah sangat siap untuk beribadah di Tanah Suci.

"Insyaallah sudah sangat siap untuk ibadah," tekannya.

Bahkan, demi kelancaran beribadah, Sri sudah membekali diri dengan membawa vitamin, dan obat-obat yang diperlukan demi menjaga kesehatan. "Untuk menjaga kesehatan saya sudah bawa vitamin, karena ini adalah bonus luar biasa dari Allah SWT. Saya cadangan, akhirnya bisa masuk. Bersyukur banget karena tanggal 24 Mei kemarin saya baru dapat surat resmi dari Kemenag (Kementerian Agama RI). Saya bersyukur banget," ungkap Sri.

Hal serupa juga juga dirasakan oleh Pak Mintoro Kuslan, jemaah haji asal Embarkasi Solo Pati, Jawa Tengah. Ia bangga dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci.

"Bangga bisa menginjakkan kaki di sini. Ada rasa haru dan bangga," bebernya.

Pria berusia 46 tahun itu merasa mendapat perlakuan dan sambutan khusus saat tiba di bandara oleh pihak Kedutaan Besar RI di Arab Saudi dan pemerintah Arab Saudi.

"Senang sekali, karena sambutan yang begitu luar biasa. Bahkan kami di sini diperlakukan seperti raja di sini. Alhamdulillah saya berterima kasih sekali dengan penyambutan di sini," ungkapnya.

Kedatangan gelombang pertama jemaah haji Indonesia disambut dengan prosesi singkat dan hangat di Bandara Internasional Ameer Mohammed bin Abdul Aziz.

Mereka disambut oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad dan juga ikut menyambut kedatangan yaitu Wakil Menteri Urusan Ziarah dari Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi, Abdurahman Al Bejawi.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad mengaku gembira karena sambutan kloter pertama begitu hangat.

"Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," aku Abdul.

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," sambungnya.

Ia berpesan, agar seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, tapi jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan. Selain itu, kondisi saat ini di Saudi sangat panas.

"Jemaah jangan lupa minum, dan makan," pesannya.

Lebih lanjut ia berharap, semua jemaah dapat menjaga kesehatan, sehingga mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

"Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," harapnya.

Kehadiran Kloter SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji Indonesia. Mereka mendapat penyambutan khusus dari pejabat Indonesia serta Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Mereka mendapat bunga sebagai bentuk penghormatan. Panitia Saudi menyiapkan panggung kecil untuk dilewati jemaah sambil mendapat siraman bunga.

Selain itu, jemaah juga mendapat hadiah dalam kemasan kotak yang berisi sajadah dan kurma. Senandung thala'al badru juga mengiringi kedatangan jemaah menambah keharuan suasana di Terminal Haji Bandara Internasional AMMA Madinah.(RRI)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS