×

Iklan

Indeks Berita

Berkolaborasi dengan Patriot Desa Jawa Barat, DinkopUKM Kabupaten Karawang Dorong Pelaku UMKM di Cibuaya

23 Jun 2022 | Kamis, Juni 23, 2022 WIB Last Updated 2022-06-23T08:40:07Z
Berkolaborasi dengan Patriot Desa Jawa Barat, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DinkopUKM) Kabupaten Karawang dorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program pelatihan yang mengemuka pada tema ‘Peningkatan Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil Melalui Pengembangan SDM, Kemasan, Pemasaran, dan Design Teknologi’.


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Cibuaya pada Rabu (22/6/2022) tersebut sebanyak 30 pelaku UMKM yang berasal dari lima desa dampingan Patriot Desa, yakni Desa Cibuaya, Gebangjaya, Cemarajaya, Karangjaya, dan Jatimulya.

“Salah satu upaya pemulihan pasca pandemic Covid-19 dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas para pelaku usaha mikro dan kecil yang selama ini digeluti oleh masyarakat,” ucap Sub Koordinator Pengembangan Penguatan Perlindungan Usaha Mikro pada DinkopUKM Kabupaten Karawang, Leoni Wisnuwardhani.

Menurutnya, semakin tingginya daya saing dalam melakukan aktivitas usaha, maka diperlukan upaya peningkatan kualitas produk agar mampu bersaing dalam skala yang lebih luas.

Sebagai salah satu upaya tindak lanjut dari pelatihan ini, lanjut Leoni, akan dilakukan pendataan bagi para pelaku UMKM yang ingin mengajukan nomor registrasi produk seperti NIB dan P-IRT.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, masyarakat semakin semangat dalam melakukan hal-hal administratif yang dapat menunjang aktivitas usahanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Patriot Desa Jawa Barat pada wilayah Desa Cibuaya, Hanifah mengatakan, dalam pelatihan ini pemateri dari DinkopUKM Kabupaten Karawang dihadirkan untuk memberikan arahan kepada para pelaku UMKM bahwa persaingan usaha semakin kuat, sehingga diperlukan upaya-upaya agar produk yang dihasilkan mampu berdaya saing.

“Kegiatan ini merupakan program inisiasi patriot desa cluster Cibuaya dan Pedes sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas pelaku UMKM agar mampu bersaing dengan skala lebih luas,” ujarnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS