Setelah sebelumnya di dapati Kepala SD Berprestasi. Subkoor GTK Disdikpora Karawang kembali seleksi 16 Pengawas Koorwilcambidik dalam lomba pengawas berprestasi tahun 2022 yang digelar Rabu kemarin, (15/6/2022) di SDIT Al Azhar Galuh. 
Foto : Dra Titik Hadiyati (Kanan depan) dan peserta lainnya Saat Seleksi Lomba Pengawas Berprestasi Kabupaten Karawang


Dalam seleksi yang di gawangi 5 juri dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKPS) tersebut, di dapati Pengawas Koorwilcambidik Karawang Barat Dra Titik Hadiyati M.Si sebagai pengawas dengan nilai rangking terbaik setelah menempuh beragam item penilaian, seperti Protofolio, Best Practice, tes tulis hingga persentase dan wawancara.
Titik, unggul tipis dengan raihan nilai 74,75 dari pengawas asal Kecamatan Kotabaru H Darpi S.pd MM yang memperoleh poin 74,50. Wal hasil, atas prestasi tersebut Pengawas yang juga membina 1 SD Penggerak tersebut, berhak menjadi juara dan wakil Karawang dalam lomba serupa ditingkat Provinsi Jawa Barat yang waktunya masih tentatif. 


Ditemui saat berkegiatan di Komplek Kantor Disdikpora Karawang, Dra Titik Hadiyati M.Si mengaku baru perdana ikuti seleksi dalam lomba pengawas berprestasi. Meskipun terbilang junior dibanding pengawas lain di lingkungan Koorwilcambidik Karawang Barat, namun dirinya tetap percaya diri atas support dan kebersamaannya selama ini. Sehingga, di luar dugaan, sebut Titik, dirinya di tetapkan sebagai rangking 1 pengawas berprestasi tahun 2022 oleh Disdikpora setelah menempuh beragam kriteria dan tahapan penilaian.

"Kita memang serius garap dan fokus selama lomba ini, mulai persiapan administrasi, pengalaman, menyimak setiap workshop dan penguatan pemahaman pada kurikulum merdeka (IKM) yang kami angkat, karena di tahun ajaran baru ini, siap di berlakukan dan memahami detail yang menjadi item penilaian lomba, " Katanya kepada Pelitakarawang.com, Kamis (17/6/2022).

Menyandang predikat sebagai pengawas berprestasi tingkat Kabupaten, diakui Titik ada beban tersendiri, yang artinya beban ini harus di pikul dan siap di pertanggungjawabkan, minimalnya bisa mengaplikasikan di lapangan sekaligus jadi pemacu kesiapan dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat yang waktunya masih tentatif. 


"Semua pengawas dari Kecamatan, pada dasarnya semuanya bagus, hanya memang mungkin soal kesiapannya saja yang belum begitu dipersiapkan saat lomba, karena beberapa justru bernilai nol. Namun, dirinya berupaya mengisi setiap ruang penilaian seperti yang di persyaratan, misalnya administrasi, protofolio sampai karya tulis dan Best Proactive yang menyangkut apa saja yang di lakukan pengawas di sekolah-sekolaj binaannya, Alhamdulillah hasilnya baik, " Ujarnya.


Guru berprestasi nomor Wahid tahun 2015 di tingkat Kecamatan ini menambahkan, Saat ini dirinya fokus agar bisa mengaktualisasikan dengan predikat ini, apalagi jelang menghadapi lomba di tingkat provinsi. Karenanya, ia memohoh doa, arahan serta bimbingannya dari para pengawas lain maupun Disdikpora kedepan dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar bisa membawa nama baik kabupaten Karawang.

"Mohon support dan doa dari semua, pertama semoga saya bisa mengaktualisasikan hasil prestasi ini, sekaligus juga meminta arahan dan bimbingannya agar bisa menyempurnakan persiapan ketingkat Jawa Barat, " Ujarnya. (Rd)