×

Iklan

Indeks Berita

Bupati Cellica Sebut Keluarga Berperan Penting Cegah Stunting di Karawang

29 Jun 2022 | Rabu, Juni 29, 2022 WIB Last Updated 2022-06-29T08:45:49Z
Pemerintah Kabupaten Karawang, menggelar Apel Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2022, di Plaza Pemda Karawang. Rabu, (29/6) pagi.


Mengusung tema 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting' apel peringatan Harganas di Karawang diikuti tak kurang dari seribu peserta, yang terdiri dari PLKB, Pos KB dan Sub Pos KB, Kader KB, dan Mitra Bangga Kencana DPPKB Karawang.

Dalam Sambutannya, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menyebut, peringatan Harganas tahun 2022 jadi momentum bagi pemerintah untuk menciptakan keluarga yang sehat dan berkualitas.

Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan komitmen bersama untuk menghapuskan kasus stunting di Karawang. Pasalnya, stunting merupakan salah satu penyebab lambannya proses pembangunan sumber daya berkualitas di Kabupaten Karawang.

Bupati berujar, dalam upaya pencegahan stunting, keluarga berperan penting dalam masalah pemenuhan gizi, juga memastikan diterapkannya pola asuh berkualitas dalam keluarga. Melalui peran keluarga yang cerdas ini, maka intervensi untuk mencegah terjadinya kasus stunting baru akan meningkat.


Sebagai bentuk keseriusan pemerintah, lanjut Cellica, pihaknya telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh SE. TPPS ini terdiri dari 19 dinas/stakeholder di Karawang.

Bupati Cellica mengapresiasi para kader yang rela dan ikhlas bekerja keras saat hujan maupun panas. "Karena penurunan stunting merupakan tanggung jawab bersama," ujarnya.

Bupati juga menyebut, program Bangga Kencana sebagai dasar pembangunan keluarga sejahtera, jika dibangun secara integral maka dapat berdampak pada banyak hal.

Seperti, pembatasan angka kelahiran, penggunaan KB pasca persalinan, menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, serta berdampak pada penurunan kasus stunting. Bupati menargetkan tahun 2024 tidak ada lagi kasus stunting.

"Kami sudah menerbitkan Perbup nomor 18 tahun 2022 tentang KB Pasca Persalinan, melalui Perbup itu, Insha Allah upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat akan jauh lebih terukur," ujarnya.

Kepala DPPKB Karawang, Hj. Sofiah mengatakan, selain momentum untuk perkuat komitmen perangi stunting. Harganas juga jadi momen penting bagi DPPKB Karawang dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, DPPKB Karawang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak eksternal di luar DPPKB Karawang, yang telah berkontribusi dalam hal program Bangga Kencana.

"Mereka adalah para camat, kepala puskesmas, dan kepala desa yang berprestasi dalam mendukung program KB di wilayahnya," ujarnya.

Sofiah bilang, selain Apel Peringatan Harganas. DPPKB Karawang juga punya rangkaian acara penting dalam rangka memperingati Harganas tahun ini. Mulai dari donor darah, pelayanan KB satu juta akseptor, lomba foto keluarga, pertunjukan musik oleh Seniman Peduli Bangga Kencana, dan masih banyak acara lainnya.

"Melalui perataan Harganas ini saya berharap, program Bangga Kencana di Karawang berhasil dan sukses, agar bisa menciptakan keluarga yang sehat, tangguh, dan berkualitas," ujar Sofiah. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS