×

Iklan

Indeks Berita

DPKP Karawang Dorong Produktifitas Budidaya Hijauan Pakan Ternak

7 Jun 2022 | Selasa, Juni 07, 2022 WIB Last Updated 2022-06-07T11:26:55Z
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang mendorong produktifitas dalam membudidayakan hijauan pakan ternak di Kabupaten Karawang. Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Kabupaten Karawang, Handoko menjelaskan pentingnya hijauan pakan ternak bagi ternak diwilayahnya.
Saat Wawancara

“Salah satu faktor penunjang peningkatan produktifitas ternak di Karawang tentu saja adalah pakan, pakan adalah faktor penunjang paling utama karena tanpa pakan mulai dari produktivitas kemudian peningkatan populasi hewan ternak di Karawang akan terhambat,” ujar dia pada Live Talkshow Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Sturada 89,4 FM Karawang, Selasa (7/6/2022).

Dia menuturkan, pihaknya tengah mengembangkan hijauan pakan ternak di Kabupaten Karawang dan untuk potensinya diketahui pakan itu sangat mahal dan sulit didapat lantaran lahan di Karawang sebagai lahan kawasan industri, kawasan perumahan tentu dan mempengaruhi luasan lahan hijauan pakan ternak.

“Jadi harus mempunyai solusi dan harus dipikirkan lebih lanjut bagaimana menyediakan pakan ternak di Karawang dengan harga murah dan itu paling penting. Kedepannya kita membuat langkah, kita mempunyai satu peternak milenial yang tersebar di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, di mana mereka bisa saling link atau terkoneksi dengan membuat inovasi, juga bisa saling share ilmu yang diteruskan ke peternak-peternak yang lainnya di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

“Kita juga memiliki kemitraan untuk mengembangkan ini berkolaborasi denga Nuya Farm, jadi sebuah perkumpulan yang konsen di bidang peternakan yang berfokus melestarikan atau membudidayakan hijauan pakan ternak khususnya rumput pakchong,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil penelitian oleh Nuya Farming mulai, lanjut Handoko, mereka menanami rumput jenis mulai dari odot, kinggres, dan dajinberg. Rumput pakchong lah yang cocok untuk ditanah Karawang. Saat ini luasan lahan sudah 1 hektare dan Nuya Farming menyediakan bibitnya kemudian hasil panennya ditampung.

Dia menambahkan, dengan inovasi ini diharapkan mampu terus meningkatkan jumlah hewan ternak di Kabupaten Karawang.

“Karena kita ingin seperti sesuai petunjuk ibu Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bahwa Karawang menjadi populasi ternak yang meningkat dan besar, jadi kita nanti kedepannya jangan ada lagi membeli ternak di daerah lain, jadi kalau Qurban atau pun hari-hari besar lainnya kita sudah menyediakan, itu harapan kami,” ungkapnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS