Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dimulai. Jika pada fase pertama jemaah terbang menuju Madinah, jemaah haji yang tergabung dalam pembearangkatan gelombang kedua akan mendarat di Jeddah. Mereka selanjutnya diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah.

Calon jamaah haji Indonesia

"Hari ini merupakan hari pertama pemberangkatan jemaah haji gelombang II yang seluruhnya mendarat di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Mereka selanjutnya langsung diberangkatkan menuju Makkah," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Calon jamaah haji Indonesia

Menurut Fauzin, total ada 3.209 yang diberangkatkan hari ini menujud Jeddah. Mereka terbagi dalam Delapan kelompok terbang dan berangkat dari tujuh embarkasi. Dua kloter berangkat dari Embarkasi Solo/SOC (720 jemaah). Masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam/BTH (450), Aceh/BTJ (393), Jakarta-Bekasi/JKS (410), Medan/MES (393), Surabaya/SUB (450), dan Makassar/UPG (393). ).

Selain dari Tanah Air, pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama dari Madinah menuju ke Makkah juga terus berlangsung. Total 44 kloter dengan total 17.293 jemaah sudah diberangkatkan sejak 12 Juni 2022. Masih ada lebih dari 26ribu jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah untuk secara bertahap akan diberangkatkan ke Makkah setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi.

"Terkait data jemaah haji, sebanyak 159 orang, terdiri atas 76 orang rawat jalan, 83 orang sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dan 2 orang dirawat di RSAS Madinah," jelas Fauzin yang juga Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag.

“Jemaah meninggal bertambah 1 orang atas nama Purnomo Sukariyo Sastro, 61 tahun, dari kloter SOC15. Sehingga, sampai saat ini jumlah jemaah meninggal sebanyak 6 orang," sambungnya.

Akhmad Fauzin kembali menegaskan bahwa pemerintah akan membadalhajikan jemaah yang wafat sebelum wukuf. Sehubungan dengan kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas, jemaah haji Indonesia diimbau membatasi aktivitas di luar ruangan, selalu memakai alas kaki, dan tidak menunggu haus untuk minum. Jemaah haji juga diminta menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup. 

"Kami perlu sampaikan agar jemaah tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika di masjid, baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram," ujarnya.(NAG)