Ganda putra tanah air Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke semifinal Indonesia Masters 2022.

Kepastian itu didapat Fajar/Rian usai mengalahkan juara Olimpiade Lee Yang/Wang Chi-Lin pada laga perempat final Indonesia Masters 2022, Jumat (10/6/2022).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Fajar/Rian menang dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 21-18.

Fajar/Rian selanjutnya akan melawan He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China) di semifinal Indonesia Masters 2022 yang akan bergulir besok.

Ulasan pertandingan

Fajar/Rian unggul 3-0 pada awal gim pertama berkat dua smes yang gagal dikembalikan lawan dan pengembalian Lee/Wang yang keluar.

Namun, pasangan Taiwan mampu menyamakan skor dalam kedudukan 4-4. Adapun poin Lee/Wang pada periode ini kerap didapat dari pengembalian Fajar/Rian yang nyangkut di net.

Tak ingin memberikan Lee/Wang kesempatan, Fajar/Rian kembali fokus melancarkan serangan beruntun yang berhasil membuat mereka meraih tiga angka dan unggul 7-4.

Fajar/Rian mencapai interval gim dengan keunggulan 11-8. Poin ke-11 didapat Fajar/Rian berkat defense apik dengan berhasil mengembalikan smes keras Wang Chi-Lin.

Akan tetapi, Lee Yang yang menyambut bola Fajar di depan net justru gagal menyeberangi shuttlecock.

Seusai jeda, ganda putra Taiwan mampu memangkas jarak menjadi 10-11 dan menyamakan kedudukan 11-11 karena pukulan Fajar membentur di net.

Sempat ketat hingga 12-12, Fajar/Rian kembali memperlebar jarak menjadi unggul 14-12.

Keunggulan itu mampu dipertahankan Fajar/Rian hingga memasuki poin-poin krusial dalam kedudukan 19-15.

Adapun poin 18 dan 19 didapat Fajar/Rian melalui flick servis yang berhasil menipu Wang Chi-Lin. Fajar/Rian pun mengamankan gim pertama dengan kemenangan 21-15.

Reli panjang sebanyak 42 pukulan sudah terjadi pada awal gim kedua. Smes keras Fajar di depan net yang menyambut bola tanggung wakil Taiwan membuatnya dan Rian unggul 2-0.

Namun, seperti gim pertama, Lee Yang/Wang Chi-Lin mampu menyamakan kedudukan di posisi 4-4.

Lee Yang/Wang Chi-Lin untuk pertama kalinya dalam pertandingan ini memimpin. Mereka unggul 6-5 atas Fajar/Rian.

Akan tetapi, keunggulan tersebut tak bertahan lama setelah Rian melepaskan smes keras dan bola jatuh di tengah-tengah pasangan Taiwan. Skor kembali sama 6-6.

Serangan yang dipadukan dengan defense kuat membuat Fajar/Rian kembali unggul 10-7 dan mencapai interval gim kedua dengan skor 11-8.

Selepas jeda, Fajar/Rian menjauh dengan keunggulan lima angka dalam kedudukan 14-9.

Namun, Lee Yang/Wang Chi-Lin masih terus mengejar poin hingga mengikis jarak menjadi dua poin di posisi 16-18.

Fajar/Rian mendapatkan match point 20-18 berkat return service Rian yang gagal dikembalikan sempurna oleh Wang Chi-Lin.

Smes Fajar kemudian memastikan kemenanganya dan Rian pada gim kedua dengan skor 21-18.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (21-15, 21-18) (*)