×

Iklan

Indeks Berita

Ina Illahi Wa Ina Illahi Rojiun, Calon Jemaah Haji Meninggal Dunia Usai Pulang dari Masjid Nabawi

11 Jun 2022 | Sabtu, Juni 11, 2022 WIB Last Updated 2022-06-11T12:43:05Z

Seorang jemaah haji embarkasi Padang asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meninggal dunia di Arab Saudi pada Jumat (10/6/2022) waktu setempat.


Foto ilustrasi calon Jammah haji asal Indonesia

Jurnalis Kompas TV Nitia Anisa melaporkan, jemaah meninggal dunia karena serangan jantung.

"Kemarin sore sekitar (pukul) 17.40 ada jemaah meninggal dunia di lobby hotel dari (embarkasi) Padang 4 bernama Bangun Lubis," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Amin Handoyo.

Mulanya, jemaah bernama Bangun Lubis Wahid ini pingsan di depan lobi hotel setelah kembali beribadah dari Masjid Nabawi.

Pria 59 tahun tersebut sempat diberi pertolongan pertama oleh dokter dan dilarikan ke Rumah Sakit King Fahd, Jeddah, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Foto ilustrasi

Sesuai dengan aturan pemerintah Arab Saudi, pemulasaraan jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci akan ditangani langsung oleh Muassasah Adilla. Namun demikian, proses pemulasaraan juga tetap disaksikan oleh pihak keluarga.

Sebelumnya, para jemaah haji diimbau untuk menjaga kesehatan selama beribadah.

Melansir Kompas, (11/6/22), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, satu orang jemaah calon haji mendapatkan perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah karena telapak kaki melepuh akibat suhu panas di Arab Saudi.

"Satu lagi (jemaah) luka bakar pada kaki karena tidak pakai alas kaki sendal, memang panas di sana," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Budi meminta seluruh jemaah calon haji untuk selalu membawa dan memakai sendal selama beraktivitas di luar ruangan mengingat cuaca di Arab Saudi cukup panas mencapai 44 derajat celcius.

"Jangan pernah tidak memakai alas kaki di Saudi karena panas banget, apalagi di luar masjid," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengimbau jemaah untuk menggunakan alat pelindung diri saat beraktivitas di luar ruangan dan sering minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

"Jangan tunggu haus, sering minum air putih agar tak dehidrasi," ucap dia.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS