Anthony Sinisuka Ginting melenggang ke 16 besar Indonesia Masters 2022, usai memenangi duel sengit nan menegangkan lawan wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Anthony Sinisuka Ginting

Pertandingan babak pertama Indonesia Masters 2022 antara Anthony Ginting vs Vitidsarn digelar di Lapangan 1 Istora Senayan, Jakarta, Rabu (8/6) malam WIB.

Bintang muda Thailand langsung unggul jauh pada interval gim pertama dengan 11-5. Ginting sempat menipiskan ketinggalan 14-15, namun akhirnya menyerah 16-21.

Pada gim kedua, Ginting bangkit. Pebulutangkis kelahiran Cimahi itu memimpin 11-9 saat jeda.

Ginting terus mendulang poin dan memenangkan gim kedua dengan 21-16.

Di awal gim ketiga perolehan poin sempat cukup ketat. Tapi perlahan tapi pasti Ginting menemukan gaya permainan terbaiknya dan unggul 11-4 saat interval.

Ginting yang merupakan unggulan keempat di turnamen Super 500 ini semakin menjauh 17-5.

Tapi suporter Merah Putih yang memadati Istora Senayan sempat dibuat tegang ketika Vitidsarn mampu menipiskan ketinggalan menjadi 18-19.

Untungnya Ginting bermain apik saat poin-poin kritis dan akhirnya menang 21-18

Catatan BWF, pertandingan Ginting vs Vitidsarn berlangsung selama 74 menit.

Selanjutnya di babak 16 besar, Kamis besok, Ginting akan menghadapi wakil Thailand lainnya, Sitthikom Thammasin.

Sejauh ini, sudah dua tunggal putra tuan rumah lolos ke babak 16 besar Indonesia Masters 2022.

Sebelumnya Chico Aura Dwi Wardoyo sukses mengeliminasi tunggal putra India, Sameer Verma dengan 21-17 dan 21-15 dalam waktu 45 menit.

Di babak 16 besar besok, Chico akan menghadapi jagoan Singapura, Loh Kean Yew.

Nasib kurang baik dialami Jonatan Christie yang harus tersingkir di babak pertama Indonesia Masters 2022 setelah kalah dari Zhao Junpeng (China) dengan 21-10, 14-21 dan 11-21.

Hasil Indonesia Masters 2022 pada Rabu (8/6/2022) menunjukkan 4 unggulan juara gugur, salah satunya yakni Anders Antonsen bahkan menyerah seketika.

Anders Antonsen selaku unggulan kedua tunggal putra baru memulai perjuangannya di Indonesia Masters 2022 pada hari ini.

Naas, awal perjuangan Anders Antonsen di Indonesia Masters 2022 berakhir seketika di tangan wakil Korea Selatan, Heo Kwang Hee.

Bermain di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu (8/6/2022), Antonsen memutuskan mundur dari turnamen dan memberikan Kwang Hee tiket gratis ke babak selanjutnya.

Adapun Antonsen menyatakan mundur dari turnamen karena cederanya masih belum pulih sepenuhnya.

Tunggal putra nomor dua Denmark itu menjelaskan bahwa cederanya masih dalam tahap pemulihan dan sebenarnya ia belum siap turun bertanding.

Kalian pasti sudah tahu semua bahwa saya mundur dari babak pertama Indonesia Masters 2022 yang seharusnya dijadwalkan bermain hari ini," jelas Antonsen dilansir dari Channel Youtube miliknya (8/6/2022).

"Tetapi sayang sekali saya tidak bisa bertanding karena saya masih berkutat dengan cedera yang saya alami selama 7 hari terakhir."

"Saya masih terus berjuang untuk memulihkan diri dan terus mengambil setiap langkah, tetapi untuk sekarang ini saya sadar masih belum benar-benar siap untuk berlaga."

Selain Antonsen, masih ada tiga unggulan juara lainnya yang gugur seketika di babak pertama atau 32 besar Indonesia Masters 2022.

Salah satunya ialah ganda putra nomor dua Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Berstatus unggulan ketujuh turnamen, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi secara mengejutkan dikalahkan oleh wakil China Tiongkok, Liu Yu Chen/Ou Xyan Yi.

Ganda putra Malaysia itu kalah lewat dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-19 dalam 42 menit.

Tak kalah mengejutkannya, unggulan pertama ganda campuran, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai juga gugur seketika.

Ganda campuran asal Thailand itu kalah straight game atau dua gim langsung dari wakil non unggulan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue 21-19, 21-16.

Adapun unggulan keempat yang kalah pada hari ini ialah tunggal putri Denmark, Michelle Li.

Tak seperti Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan Dechapol/Sapsiree, Michelle Li selaku unggulan kedelapan gugur lewat drama rubber game.

Michelle Li dikalahkan tunggal putri Thailand, Busanan Ongbamrungphan dengan skor 12-21, 21-17, 14-21 dalam 1 jam 7 menit.(ts)