×

Iklan

Indeks Berita

Ini Tiga Nama Kapolda Kena Geser!

21 Jun 2022 | Selasa, Juni 21, 2022 WIB Last Updated 2022-06-21T07:39:23Z

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi jabatan terhadap tiga jabatan Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda). Tiga kapolda ini meliputi Kapolda Papua Barat, Gorontalo, dan Lampung.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, selain tiga jabatan itu, Kapolri juga melakukan mutasi terhadap pejabat tingkat Polda, Kapolres, dan jabatan penguatan lainnya. Semua jabatan yang dimutasi tertuang dalam surat telegram (TR) Kapolri tersebut.

"TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi. Dilakukan peningkatan performance kinerja kepolisian," kata Dedi di Mabes Polri, Selasa (21/6).

Dedi menyampaikan, rotasi dan mutasi jabatan itu dituangkan dalam lima surat telegram. Kelima surat yakni NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Dalam surat telegram tersebut, Kapolda Papua Barat saat ini Irjen Tornagogo Sihombing akan menduduki posisi Wairwasum Polri. Sementara, jabatan Kapolda Papua Barat akan ditempati oleh Irjen Daniel Tahi Silitonga.

Mutasi kapolda kedua ialah Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus yang akan menempati posisi Kapolda Lampung. Sedangkan, Kapolda Lampung saat ini Irjen Hendro Sugiatno akan ditempatkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selanjutnya, posisi Kapolda Gorontalo akan diisi oleh Irjen Helmi Santika yang saat ini menjabat sebagai salah satu Korsahli Kapolri. Helmi sendiri pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus di Bareskrim Polri.

Selain tiga jabatan perwira tinggi (pati) itu, Kapolri juga melakukan mutasi dan rotasi terhadap perwira menengah (pamen). Para perwira dengan pangkat komisaris besar (kombes) juga turut di dalamnya.

Salah satu yang dimendapat promosi adalah Kabagpenum Mabes Polri, Kombes Gatot Repli yang akan menerima bintang satu dalam pundaknya. Posisi Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri akan ditinggalkannya untuk menduduki posisi baru sebagai Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri.

Dedi menyampaikan, posisi Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri tidak akan dibiarkan kosong begitu saja. Seorang polisi wanita (polwan) akan ditempatkan di sana.

Penguatan di Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri juga dilakukan. Pusdokes akan dipimpin oleh pati bintang dua yaitu sekarang diduduki oleh Brigjen Asep Hendradiana naik menjadi Kapusdokkes.

"Beliau akan mendapat pangkat bintang dua," ucap Dedi.

Penguatan di bidang ini juga terjadi pada jabatan Sesdokkes Kombes Farid akan mendapat penugasan di luar struktur Bhayangkara. Kedudukannya juga disertai dengan kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal.

"Untuk menduduki jabatan bintang satu," ujar Dedi.(**)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS