Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merombak struktur di Korps Bhayangkara. Setidaknya, ada 452 anggota yang dirotasi dari jabatannya, mulai dari tingkat Kapolda hingga Kapolres di berbagai wilayah.

"Bapak Kapolri telah mengeluarkan TR (telegram rahasia, red) mutasi untuk jabatan Kapolda atau Pati, PJU di tingkat Polda, dan kapolres dan jabatan-jabatan penguatan lainnya," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 21 Juni.

Foto : Irjen Dedi Prasetyo

Perombakan jajaran Polri ini tertuang dalam lima TR berbeda, yakni, ST/1213/VI/KEP./2022, ST/1214/VI/KEP./2022, ST/1215/VI/KEP./2022, ST/1216/VI/KEP./2022, dan ST/1217/VI/KEP./2022.

Beberapa perwira tinggi (Pati) yang dirotasi antara lain, Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing dirotasi ke jabatan Wairwasum Polri. Sementara, posisi yang ditinggalkan akan ditempati Irjen Daniel Tahi Silitonga.

Kemudian, Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus akan menempati posisi Kapolda Lampung. Sebab, Irjen Hendro Sugiatno akan ditugaskan di Kementerian Perhubungan.

Lalu, posisi Kapolda Gorontalo akan diisi oleh Irjen Helmi Santika yang saat ini menjabat sebagai salah satu Korsahli Kapolri.

"Ini harus dilakukan dalam rangka penyelenggaraan organisasi," kata Dedi.

Sebagai informasi, sebanyak 452 anggota Polri dirotasi. Rinciannya, 37 Jenderal dan 1 perwira menengah (pamen) diganti karena memasuki masa pensiun. Lalu, 38 Jenderal dan 414 pamen, serta 120 kapolred dimutasi dari jabatannya (Voi)