×

Iklan

Indeks Berita

KemenPPPA dan Pemkab Karawang Kunjungi dan Resmikan Taman Asuh Ceria (TARA) Baby Daycare PT P&G

6 Jun 2022 | Senin, Juni 06, 2022 WIB Last Updated 2022-06-06T14:05:42Z
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mengunjungi dan meresmikan Taman Asuh Ceria (TARA) Baby Daycare di PT P&G, Senin (6/6/2022). Pada kegiatan tersebut disambut oleh Presiden Direktur PT P&G Operations Indonesia, Seif Eldin Samir dan dihadiri juga oleh perwakilan dari Kemenko PMK, Kemendikbudristek, KPAI, Dinas PPPA Jawa Barat dan Karawang.


Dalam rangka melaksanakan arahan Presiden RI terkait Peran Ibu dan Keluarga dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak serta Konvensi Hak Anak disebutkan bahwa anak harus diasuh oleh orang tua, jika mengalami keterpisahan merupakan pilihan terakhir demi kepentingan terbaik bagi anak, maka anak dipastikan pengasuhan penggantinya harus menjamin pemenuhan hak anak termasuk anak di daycare.

Hal tersebut mengemuka pada fokus KemenPPPA, Staf Ahli Menteri pada KemenPPPA, Indra Gunawan menjelaskan, kebutuhan daycare sebagai pemberi layanan tumbuh kembang anak masih banyak yang belum sesuai standar. KemenPPPA sejak tahun 2019 telah menyusun standardisasi daycare ramah anak dan sebagai informasi beberapa perusahaan telah berproses dan merespon menyediakan daycare ramah anak sesuai standar termasuk PT. P&G.


“Dengan berbagai pengalaman-pengalaman, isu-isu gender yang sudah diakomodir termasuk juga perlindungan anak di dunia telah diakomodir, sehingga kita mengajak teman-teman dari P&G ini menjadi salah satu eksposur dan tugasnya menyebarkan praktek-praktek baik yang sudah dilakukan di perusahaannya dengan harapan bisa ditiru, bisa diperluas dan difasilitasi oleh perusahaan lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengapresiasi PT. P&G atas komitmennya pada pemenuhan hak dan perlindungan perempuan dan anak dan berharap P&G dapat menjadi contoh bagi seluruh perusahaan yang ada di Karawang dan juga di Indonesia.

“Dan hari ini kita bisa lihat di P&G, mereka dari tahun 2019 lebih dari satu tahun lebih mereka mendirikan sebuah Daycare Center yang menurut saya ini sangat luar biasa karena saya pikir setiap perusahaan multinasional pasti memiliki daycare tapi sejauh saya di Kabupaten Karawang saya baru pernah diundang untuk tentunya melihat bahwa komitmen dari perusahaan yang memperhatikan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Karawang,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pemkab Karawang berkomitmen menyelesaikan masalah pemberdayaan perempuan agar terciptanya kesetaraan dan keadilan gender khususnya para tenaga kerja perempuan.

“Perempuan dan anak tidak bisa dipisahkan, terpenuhinya pemenuhan hak dan perlindungan perempuan berarti terpenuhi juga pemenuhan hak anak dan perlindungan anak,” ujarnya.

Usai meresmikan, seluruh tamu yang hadir diajak tour mengelilingi spot-spot atau ruang-ruang dari TARA Baby Daycare di PT. P&G didampingi oleh Dea Rahmawardani dan Hasnabila Candrakanti. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS