Meskipun ciut dalam bidang olahraga dan seni, namun siswa SD yang menjadi wakil Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, sukses kuasai prestasi olahraga tradisional (Oltrad) saat O2SN yang di gelar Disdikpora Karawang akhir pekan kemarin. 

Tercatat, oltrad kategori Tarompah, Egrang dan Hadang berhasil menyabet gelar juara 1, sementara dagonhan di posisi ke 3.
Foto : Sejumlah Cabang saat di Perlombakan dalam kegiatan O2SN Kabupaten Karawang


Kata Koorwilcambidik Cilamaya kulon, Popon Epon. Prestasi olahraga dan seni di Cilamaya Kulon sebenarnya bisa bersaing dengan siswa dari kecamatan lain bahkan perkotaan. Namun, memang, kurangnya persiapan dan pembinaan, sehingga beberapa jenis lomba seperti sains, seni dan olahraga tertinggal dari kecamatan lainnya. Meski demikian, sejumlah Oltrad berhasil di boyong kejuaraannya, seperti kategori Tarompah juara 1, Egrang Juara 1, Hadang juara 1, Dagongan Juara 3, Tenis Meja Puteri Juara 2 dan Sumpitan 16 besar. 

"Untuk olahraga dan seni, memang tak bisa berbuat banyak, tapi untuk oltrad, siswa di Cilamaya Kulon ini patut di apresiasi, " Ungkapnya, Selasa (21/6/2022).


Sementara itu Pengawas Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, H Warja S.pd mengatakan, selain Oltrad, seni tari jaipong juga sebenarnya Cilamaya Kulon berpeluang jadi juara kalau improvisasi gerakan bebas. Tapi karena lenggokan dan kasihnya diatur, sehingga tidak bisa lolos sabet juara. Begitu juga lomba bercerita dan lainnya.

"Cukup puas sih, walaupun hanya juara Oltrad mayoritas. Semoga jadi pemacu prestasi di lomba-lomba berikutnya, " Ungkap Warja. (Rd)