×

Iklan

Indeks Berita

Sah ! Tosari Sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika

18 Jun 2022 | Sabtu, Juni 18, 2022 WIB Last Updated 2022-06-18T08:39:46Z

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas hari ini meresmikan Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika.

Prasasti Peresmian Tosari sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika

Hal ini ditandai dengan umat Katolik, umat Katolik oleh Menag, serta membaca deklarasi kerukunan umat beragama, serta doa dari tokoh-tokoh perwakilan agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu yang tergabung dalam FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksaan Negeri Pasuruan, para tokoh agama, tokoh adat, dan berbagai elemen masyarakat. Dalam kesempatan itu, Menag menambahkan rasa bangganya atas penetapan Kecamatan Tosari sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika.

Pengukuhan Kecamatan Tosari sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika tersebut dilaksanakan di tengah-tengah penyelenggaraan Jambore Kemah Bhakti Pemuda Lintas Agama yang mengusung tema "Menyatukan Keberagaman untuk Kemaslahatan".

Perkemahan diikuti pemuda-pemuda lintas agama yang tergabung dalam Forum Pemuda Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Pasuruan. Di antaranya, Banser (NU), Kokam (Pemuda Muhammadiyah), IPNU, Pecalang, Pemuda Hindu, Kristan, Katolik, Buddha, Gusdurian, Pramuka, dan Relawan Peduli Kota.

"Indonesia ini milik kita bersama. Mari kita bergandengan tangan dalam momentum Jambore Kemah Bhakti ini. Semoga perhelatan lintas agama yang kita mulai di Pasuruan ini ke depan akan diikuti oleh daerah-daerah lain di seluruh Indonesia," ujar.

Menag Yaqut mengungkapkan, Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau, enam agama, dan banyak agama lokal dengan berbagai suku, ras, serta adat istiadat.

"Keragaman ini yang membuat Indonesia kuat, tegak berdiri dan merdeka. Tidak ada Indonesia jika tidak ada Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, Khonghucu. Tidak ada Indonesia jika tidak ada Jawa, Sunda, Batak, dan lainnya. Jika kebersamaan ini terus menerus kita jaga, maka saya yakin Indonesia ke depan akan baik-baik saja," ujar Menag.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyampaikan rasa bangga atas kebersamaan para pemuda lintas agama dan ditetapkannya Kecamatan Tosari sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika.

"Kami sampaikan rasa bangga ini mewakili masyarakat Kabupaten Pasuruan. Semoga Kecamatan Tosari ini menjadi miniatur toleransi dan keragaman di Indonesia ini," ungkap Irsyad.

"Kami yakin Kecamatan Tosari ini memiliki toleransi umat beragama yang luar biasa. Saling mendukung antara agama sehingga mendukung kerukunan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Pasuruan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga melihat prasasti pendirian Rumah Moderasi Beragama Kabupaten Pasuruan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pasuruan dengan luas tanah 6 hektar, serta Masjid Pancasila yang letaknya dekat dengan Pura.

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS