Perlahan-lahan, Pemerintah mulai menyiapkan Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, Khusus untuk Institusi Polri pada tahun 2024 secara bertahap akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Saat ini proses pengajuan sudah dilakukan.

Institusi Polri pada tahun 2024 secara bertahap akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (Foto: ist

"Tahun ini masih penggodokan semua, pengusulan semuanya. Tahun depan kan sudah harus dipersiapkan karena tahun 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu (19/6/2022).

Dedi juga menjelaskan Polri telah memproses pengajuan pembuatan kantor polisi di antaranya Polres dan Polsek di IKN. Tak hanya itu, Dedi menjelaskan Polri akan menempatkan satuan Brimob yang akan dipimpin oleh seorang Brigjen ke IKN. "Ya untuk konsep pembentukan Polres khusus IKN ini sedang diajukan. Termasuk bapak Kapolri dalam beberapa waktu lalu sudah mengukuhkan penguatan Brimob. Brimob salah satunya ditempatkan di IKN. Nanti akan dipimpin oleh pati bintang 1," ujar Dedi.

Menurut Dedi, semua kesiapan dari internal Polri tersebut dilakukan untuk memastikan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di IKN. "Dalam rangka untuk mengamankan penguatan IKN agar IKN betul-betul sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan Pemerintah," tutur Dedi.(*).


Sumber: INews